SOLOPOS.COM - Ilustrasi (wordpress.com)

Ilustrasi (wordpress.com)

GUNUNGKIDUL—Sejumlah petani organik Gunungkidul diberi pelatihan tentang Gross National Happiness (GNH). Petani diharapkan tidak hanya memikirkan target produksi pertanian, tapi juga mencapai kebahagiaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelatihan itu diselenggarakan lembaga swadaya masyarakat Satunama dengan pembicara Hardono Hadi, pengajar Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogja. Hardono mengatakan kebahagiaan lebih penting daripada uang.

“Uang tidak bisa menggantikan kebahagiaan, sedangkan orang yang bahagia bisa mencari uang,” kata Hardono di Wonosari, Kamis (4/10/2012). Hardono mengatakan pelatihan ini diberikan dengan bahasa yang mudah dimengerti para petani.

Hardono mengatakan tujuan dari pelatihan ini adalah menyadarkan para petani bahwa kebahagiaan merupakan hal penting. “Jadi hidup tidak hanya mengejar uang dan produksi pertanian, tapi juga kebahagiaan,” kata Hardono.

Menurutnya, kebahagiaan itu merupakan sikap hidup seseorang. Sedangkan sikap adalah pilihan yang ditentukan orang tersebut. Dia berharap dengan pelatihan ini para petani organik dapat lebih berbahagia.

Salah satu petani asal Kedungpoh Lor, Kecamatan Nglipar, Wasidi, 53, mengatakan dia mengikuti pelatihan ini agar dapat belajar untuk lebih berbahagia. “Pengalaman saya jadi bertambah,” kata Wasidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya