SOLOPOS.COM - Rombongan panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah saat mengunjungi Griya Solopos, Jumat (27/5/2022). (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggratiskan tiket masuk objek wisata bagi jutaan penggembira yang akan menghadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo, 18-20 November mendatang.

Sementara Pemkot Solo menyediakan atraksi. Hal itu diungkapkan panitia pelaksana (panpel) Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah kepada Solopos.com, Kamis (22/9/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, Reynal Falah, menjelaskan panitia telah bertemu dengan Bupati Karanganyar Juliyatmono, belum lama ini.

Pemkab Karanganyar memberikan fasilitas 20 bus untuk transportasi bagi para penggembira Muktamar Muhammadiyah di Solo serta layanan gratis masuk tempat wisata. “Pemkab Karanganyar menyediakan 20 bus untuk transportasi ke wisata Karanganyar. Lalu tempat-tempat wisata yang dikelola Pemkab akan digratiskan,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, lanjutnya, panitia juga telah bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka serta sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemkot Solo. Salah satunya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo. Pemkot Solo bakal menyediakan atraksi bagi para penggembira muktamar.

Baca Juga: 10.000 Penggembira Muktamar Muhammadiyah dari Malang Dipastikan Datang ke Solo

“Kalau di Solo, tawaran dari mas Gibran ada wayangan. Karena Taman Belekambang direnovasi, nanti kemungkinan bisa dilakukan di Plaza Manahan,” jelasnya.

Ditanya kerja sama lainnya dengan Pemkot Solo, Reynal mengatakan panitia bakal bertemu dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo serta dinas-dinas lainnya untuk membahas kerja sama lebih lanjut pada pekan depan.

Menurut dia, Panitia Muktamar juga berusaha menjalin kerjasama dengan Pemda lain di Yogyakarta dan Magelang. Kerja sama tak hanya dilakukan dengan pemda di Soloraya karena akses Jogja, Solo, Magelang sudah baik dan ada integrasi layanan transportasi umum.

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah: 3 Juta Orang ke Solo, Mes TNI-Polri Jadi Tempat Transit

Dia mengatakan Panpel Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo menyiapkan kebutuhan supaya penggembira muktamar mendapatkan fasilitas gratis tersebut. Penggembira muktar harus mendaftar dulu melalui nomor 0817447227 atau 08164261271.

“Jadi sistemnya penggembira daftar ke panitia kemudian mendapatkan ID card khusus akses masuk tempat wisata. Bisa menghubungi nomor kami lalu bisa kami berikan tautan pendaftarannya,” jelasnya.

Panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah memperkirakan tiga juta penggembira akan menghadiri acara yang akan berlangsung di Kota Solo pada 18-20 November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya