SOLOPOS.COM - Anak-anak membaca buku dan mainan anak koleksi mobil perpustakaan keliling Dispersip Solo di Halaman Balai Kota Solo, Minggu (22/5/2022) (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO-Mobil perpustakaan keliling (Perling) milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Solo terlihat diserbu anak-anak dalam momentum CFD di Solo pada Minggu (22/5/2022). Mobil itu terparkir di Halaman Balai Kota Solo.

Memang saat akhir pekan, dua mobil perling milik Dispersip dan tiga gerobak listrik atau gelis berkeliling untuk menyediakan bacaan bagi warga.  Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu pukul 09.30 WIB, mobil perling masih diserbu anak-anak yang berkunjung di Halaman Balai Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setidaknya sedang ada delapan anak membaca buku di dekat mobil perpustakaan keliling dalam momen CFD Solo.  Pustakawan Dispersip Solo, Satrio Anggoro, mengatakan kunjungan pembaca mobil perling Minggu (22/5/2022) meningkat dibanding Minggu sebelum CFD digelar kembali.

Baca Juga: Warga Ngeluh Bayar Parkir Motor di CFD Solo Mahal, Ada Jukir Nakal?

Satrio mengatakan saat akhir pekan biasa, pemustaka mobil perling sekitar 50-an orang. Namun saat ada momen CFD seperti hari ini, pemustaka bisa mencapai 75 orang.  “Kalau weekend biasa ya lebih kalau 15 orang, bahkan sampai 50 orang. Tapi kalau dengan hari ini [Minggu saat CFD] ya beda. Ini bisa sampai 75 orang,” kata Satrio saat ditemui Solopos.com, Minggu.

Koleksi yang dibawa didominasi bacaan anak. Dari cerita anak, dongeng, pengetahuan umum, bahkan mainan anak. Satrio menambahkan, mobil perling memang dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan baca anak. Selain itu, mobil perling berlukiskan karakter anak. Ditambah ada mainan anak dan buku bergambar yang mampu menarik minat baca anak.

“Memang karena ini didesain untuk anak-anak makanya bacaannya juga anak-anak. Meski ada yang umum ya tetep. Tapi kebanyakan itu [anak-anak] sih. Ada juga mainan dan buku bergambar,” imbuh Satrio.

Baca Juga: Hore! Mobil Perpustakaan Keliling di Solo Nambah

Salah satu pemustaka, Almira, 9, tampak membaca buku di belakang mobil perling Dispersip Solo. Siswi kelas III SDN Cemara Dua tersebut mengaku sedang membaca buku pengetahuan umum tentang wisata-wisata di seluruh dunia.

“Lagi baca ini, tadi ambil sendiri. Ini, ada menara eifel dan lukisan monalisa,” jelas dia sambil mengeja tulisan yang ada di hadapannya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Berjualan di CFD Solo?

Almira sendiri juga merupakan pengunjung CFD. Ia mengatakan, sebelum mengunjungi mobil perpustakaan keliling ia jajan dulu di PKL CFD Halaman Balai Kota Solo bersama adiknya, Lolita.

“Tadi jajan kok di sana. Terus baru ke sini sama adik, Lolita. Seru karena di sekolah juga suka baca-baca. Ibu juga kerja di perpustakaan,” tutur Almira

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya