SOLOPOS.COM - Suasana Plasa Klaten di tepi Jl Pemuda, Kamis (12/1/2023). Setelah menunggu bertahun-tahun, Pemkab akhirnya menjalin kerja sama dengan investor untuk mengembangkan pusat perbelanjaan itu. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Matahari Department Store Plasa Klaten mulai bersiap menyambut Lebaran 2023 meski masih beberapa bulan lagi. Persiapan itu mulai dari menambah stok barang hingga menyiapkan program promo heboh dan diskon besar-besaran.

Pengelola Matahari Klaten mulai menyiapkan stok seperti baju Lebaran, gamis, koko, dan segala hal terkait fashion Lebaran. Selain itu, pengelola menyiapkan diskon dan promo menarik bagi para pembeli.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Staf Leader Matahari Klaten, Febri, menjelaskan hingga kini dan seterusnya gerai Matahari Department Store di Plasa Klaten dipastikan tetap buka seperti biasa dan Plasa Klaren juga masih buka.

“Lebaran kami tetap buka. Saat ini kami sudah persiapan-persiapan menyambut Lebaran. Saat ini jam operasional mulai  pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Mendekati peak season Lebaran nanti akan memperpanjang jam buka dan ada acara-acara promo, seperti Shopping Rally ” kata Febri kepada Solopos.com, pekan lalu.

Tak hanya persiapan Lebaran 2023, Febri menjelaskan menjelang Idul Fitri pengelola Matahari Plasa Klaten menyiapkan berbagai promo. “Kami ada promo lebih heboh diskon sampai  dengan 70 persen dan harga spesial menjelang Idul Fitri. Yang pasti, barang-barang fashion kami tidak kalah dengan yang ada di kota-kota besar,” ungkap dia.

Febri menuturkan penjualan terus tumbuh. Apalagi, setelah kasus Covid-19 mulai menurun dan diberlakukan pelonggaran-pelonggaran. Lantaran hal itu, pengelola toko optimistis menyambut Lebaran tahun ini.

Apalagi, Plasa Klaten yang bakal dikembangkan menjadi mal dengan berbagai tambahan fasilitas dan berubah nama menjadi Klaten Town Square.

Revitalisasi Plasa Klaten

“Dengan konsep yang terbaru kami akan berkembang menjadi lebih baik. Gerai kami tetap ada di sini [Plasa Klaten]. Selama dalam under renovation itu kami tetap buka seperti biasa dan pengunjung tetap mendapatkan kenyamanan pada saat berbelanja,” kata dia.

Sebagai informasi, Plasa Klaten yang di dalamnya ada Matahari Department Store bakal dikembangkan menjadi mal dengan fasilitas lebih lengkap termasuk bioskop, kafe, karaoke keluarga, dan fasilitas lainnya. Namanya juga bakal diganti menjadi Klaten Town Square.

Sebelumnya, pusat perbelanjaan itu dikelola oleh pihak ketiga selama hampir 25 tahun sejak 1993. Setelah masa berlaku Hak Guna Bangunan (HGB) berakhir pada 2018, aset tersebut akhirnya menjadi milik Pemkab Klaten.

Baru-baru ini, Pemkab Klaten memastikan sudah ada investor yang tertarik mengembangkan pusat perbelanjaan tersebut. Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan proses mengembangkan Plasa Klaten itu cukup panjang.

Apalagi dengan adanya pandemi yang memang benar-benar melemahkan ekonomi. Mulyani mengatakan sejak awal jadi aset Pemkab, sudah ada investor yang tertarik menggarap plasa tersebut

“Karena ada pandemi akhirnya batal, batal lagi, batal lagi, sampai tiga kali. Alhamdulillah saat ini sudah deal. Sudah ada MoU dengan pihak ketiga tersebut,” kata Mulyani, Kamis (12/1/2023).

Mulyani mengatakan investor yang sudah deal dari Jakarta dengan nilai investasi mencapai hampir Rp70 miliar. Tahun ini, investor melakukan revitalisasi Plasa Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya