SOLOPOS.COM - Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya (lima dari kanan), saat berada di Taman Doa Apius di Merbung Cilik RT 021/RW 008, Tegalyoso, Klaten Selatan, Jumat (11/6/2021). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Umat Kristiani di Klaten menyulap jurang menjadi taman doa lengkap dengan "tembok ratapan" di Merbung Cilik RT 021/RW 008, Tegalyoso, Klaten Selatan, Klaten, Jumat (11/6/2021).

Lokasi yang dijadikan sebagai taman doa bernama Taman Doa Apius itu berupa jurang yang ditemukan saat sejumlah umat Kristiani gowes di daerah setempat beberapa waktu sebelumnya. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Taman Doa Apius ini dilengkapi berbagai fasilitas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain aula rumah doa, Taman Doa Apius itu juga dilengkapi 13 kamar doa, ruang konseling, kantor, tembok ratapan, hingga paviliun. Seluruh ruangan itu dapat dimanfaatkan oleh siapa pun secara gratis.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Pulang Dari Sawah, Petani Di Prambanan Klaten Meninggal Tertabrak KRL Solo-Jogja

Taman Doa Apius yang dilengkapi tembok ratapan itu diresmikan Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, Jumat (11/6/2021). Lantaran berlangsung di tengah pandemi Covid-19, peresmian Taman Doa Apius dilakukan dengan menaati protokol kesehatan.

Selain membatasi jumlah tamu undangan, setiap pengunjung yang datang saat peresmian diwajibkan menaati protokol kesehatan. Protokol itu seperti memakai masker, menjaga jarak, dan protokol kesehatan lainnya.

Tiga Opsi Lokasi

Gagasan membangun Taman Doa Apius ini berawal dari kegiatan trip ke Korea Selatan pada 2019. Saat itu, pengelola Taman Doa Apius, Joshua Muryantoro cs, memandang perlu dibangunnya tempat berdoa untuk kesejahteraan seluruh umat beragama. Doa dinilai menjadi kunci utama dalam kehidupan.

Baca Juga: Waduh! Sudah Ada 2 Kasus Covid-19 Di Klaten Yang Tertular Dari Kudus

"Penentuan lokasi ini bermula saat kami gowes di sini. Sebelum menentukan lokasi di sini, sempat ada tiga opsi yang akan dijadikan taman doa. Masing-masing Merbung Cilik sini, Karangnongko, dan Ceper. Pertimbangan dibangun di Merbung Cilik karena lokasinya di kota. Lalu, warga juga mendukung. Di sini, dulunya jurang," kata Joshua saat ditemui wartawan di taman doa tersebut, Jumat (11/6/2021).

Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, mengapresiasi pembangunan Taman Doa Apius yang dilengkapi tembok ratapan di Merbung Cilik, Tegalyoso, Klaten Selatan. Ia berharap toleransi antarumat beragama dapat semakin meningkat di masa mendatang.

"Kerukunan umat beragama jadi modal yang sangat penting bagi keberlangsungan pembangunan," kata Yoga Hardaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya