SOLOPOS.COM - Flyover Manahan. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah segera membangun jembatan penyeberangan orang atau JPO di sebelah timur flyover Manahan Solo. Jembatan itu menjadi akses pejalan kaki dan pesepeda dari arah Jl Hasanudin hingga sisi utara SMPN 1 Solo.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin (3/10/2022), belum ada akses bagi pejalan kaki dan pesepeda di sekitar flyover Manahan Solo. Pemerintah lantas berinisiatif membangun JPO guna mempermudah pejalan kaki dan pesepeda yang hendak menyeberangi jalur rel kereta api.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo telah merampungkan penyusunan detail engineering design (DED) pembangunan JPO di sekitar flyover Manahan. Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPUPR Solo, Joko Supriyanto, mengatakan telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ihwal pembangunan JPO.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sekarang Dirjen Perkeretaapian masih menganalis konsep dan DED pembangunan JPO. Lokasi pembangunan JPO di atas jalur rel kereta api sehingga penangannya dilakukan Kemenhub,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Menurut Joko, lokasi jembatan penyeberangan orang di timur flyover Manahan itu menghubungkan Jl Hasanudin hingga sekitar SMPN 1 Solo. Jembatan itu sepanjang kurang lebih 20 meter dengan lebar tiga meter. Pejalan kaki maupun pesepeda bisa melewati jembatan untuk menyeberangi jalur rel KA.

Baca Juga: Flyover Manahan Solo Disasar Vandalisme, Ada Ucapan Ultah Segala

Sepanjang sisi kanan dan kiri jembatan dipagari besi dan atap agar pejalan kaki dan pesepeda terhindar dari sengatan sinar matahari. “Nanti akses jembatan bisa dari utara SMPN 1 Solo atau Jl Hasanudin. Jembatan cukup tinggi sehingga tidak mengganggu kereta api yang berseliweran setiap hari,” ujarnya.

JPO Flyover Purwosari

Namun demikian, Joko belum dapat memastikan kapan proyek pembangunan jembatan JPO di timur flyover Manahan itu akan dimulai. Dia masih menunggu informasi terbaru dari pemerintah pusat terkait pekerjaan proyek pembangunan JPO.

Selain di timur flyover Manahan, rencananya ada satu lagi jembatan penyeberangan orang yang diusulkan dibangun yakn di sekitar Stasiun Purwosari Solo. “Sudah kami usulkan kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas untuk pembangunan JPO di Stasiun Purwosari. Apakah disetujui atau tidak saya belum tahu. Semoga saja bisa tahun depan,” paparnya.

Baca Juga: Viral Flyover Manahan Banjir Coretan Vandalisme, Netizen Jawil Gibran

Seorang pengguna jalan asal Kelurahan Manahan, Budi, mengatakan pesepeda kesulitan saat hendak menyeberangi jalur rel kereta api. Mereka harus naik melewati flyover Manahan hingga depan Stadion Manahan.

Dia meminta rencana pembangunan JPO segera direalisasikan untuk memudahkan pejalan kaki dan pesepeda. “Ya kalau bisa segera dibangun agar bisa dimanfaatkan bagi pejalan kaki dan pesepeda,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya