SOLOPOS.COM - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (mengenakan jaket batik), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (mengenakan jaket silver) bersama wali kota sejumlah daerah berkunjung di Kampung Wisata Batik Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (13/10/2022). (Solopos/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajak sejumlah wali kota yang mengikuti rangkaian kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Solo Technopark (STP) untuk jalan-jalan dan belanja batik ke Kampung Wisata Batik Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (13/10/2022) pagi.

Seperti diketahui, para wali kota yang tergabung dalam Apeksi tengah mengikuti forum Indo Smart City 2022 di STP sejak Rabu (12/10/2022). Acara itu rencananya ditutup pada Jumat (14/10/2022).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman, Gunawan Setiawan, saat dihubungi Solopos.com, membenarkan wilayahnya dikunjungi Gibran dan sejumlah wali kota Apeksi. Acara bertajuk Mlampah Mlampah Ing Kampung Wisata Batik Kauman Solo itu diklaim berjalan sukses.

“Rata-rata pada beli satu potong, dua potong. Ada yang membeli sesuai partai politiknya, ada yang beli warna biru, kuning, hijau, jadi lucu-lucu,” katanya, Kamis (13/10/2022).

Menurut Gunawan, para tamu dari berbagai kota di Indonesia itu memiliki selera batik yang variatif, di antaranya ada yang lebih suka motif batik dan warna batik tertentu. Outlet-outlet Kampung Batik Kauman memiliki koleksi motif maupun warna batik yang beragam.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: 23 Sekolah Tampil di Kreasso 2022, Apeksi Bertemu di STP

“Jalan-jalan pagi tadi tidak hanya fokus belanja, kebetulan mampir di sela-sela kegiatan mereka untuk jalan sehat. Kemudian memborong produk kuliner UMKM kami. Makanan khas Kauman disajikan habis diborong. Ibu-ibu UMKM senang,” jelasnya.

UMKM Kuliner di Kampung Batik Kauman

Dia menjelaskan Kampung Batik Kauman Solo yang hari itu dikunjungi wali kota memiliki inovasi dengan mengembangkan UMKM kuliner ketika penjualan batik terpuruk waktu pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

Ada sekitar 79 pelaku UMKM kuliner yang tergabung dalam komunitas Kampung Batik Kauman. Kini kuliner dan batik saling melengkapi Kampung Wisata Batik Kauman.

Baca Juga: Kemendagri: Solo Masuk 10 Besar Smart City Indonesia tapi Belum Mature

Adapun Acara Mlampah Mlampah Ing Kampung Wisata Batik Kauman Solo merupakan rangkaian dari acara Indo Smart City yang sudah berlangsung sejak, Rabu (12/10/2022). Acara Mlampah ing Kampung Batik Kauman dimulai dari halaman Pendapi Balaikota Solo menuju Kampung Batik Kauman.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajak rombongan untuk sarapan dengan hidangan sop Solo. Seusai sarapan, Gibran mengajak para wali kota dan peserta berkeliling melihat-lihat toko batik, berbelanja batik, dan mencanting kain batik.

Wali Kota Solo mengatakan acara Mlampah-mlampah Kampung Batik Kauman bertujuan memperkenalkan salah satu kampung di Kota Solo yang dari awal sudah fokus memproduksi kain Batik.

Baca Juga: Gibran & Bima Arya Temui Ganjar di Semarang, Ini yang Dibahas

“Saya mengajak teman-teman Wali Kota mengunjungi Kampung Batik Kauman supaya mereka lebih mengenal tentang batik. Saya berterima kasih karena antusiasme para wali kota sangat tinggi. Beberapa wali kota juga membeli jaket batik. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya