SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gedung juga akan menerapkan sistem daur ulang untuk limbah air

Harianjogja.com, BANTUL-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan membangun gedung baru ramah lingkungan. Air Conditioner (AC) gedung ini akan menggunakan teknologi Variable Refrigerant Volume (VRV).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Perencana Gedung yang juga Dosen Teknik Elektro UMY Agus Jamal mengungkapkan, untuk tata udara gedung ini akan menggunakan air conditioner (AC) dengan teknologi VRV. AC VRV ini merupakan AC cerdas yang mampu mengatur aliran fluida untuk pendingin berdasarkan beban yang ada dalam ruangan. Selain itu energi AC yang diperlukan untuk melakukan pendinginan lebih sedikit daripada yang seharusnya diperlukan.

Baca juga: Bakal Ada Gedung Ramah Lingkungan di UMY

“Kami juga menggunakan perangkat elektronik yang lebih hemat energi seperti lampu LED dan kran wastafel bersensor gerakan. Konsumsi energi dari gedung ramah lingkungan ini akan lebih hemat dari gedung biasa, diperkirakan sebesar 40 watt per meter persegi,” terang Agus dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu (4/10/2017).

Gedung juga akan menerapkan sistem daur ulang untuk limbah air. Air dari penggunaan sehari-sehari dari gedung ini seperti wastafel atau kamar mandi nantinya akan masuk ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), output-nya akan disaring kemudian digunakan untuk flushing kloset toilet.

“Harapannya konsumsi air tanah yang akan digunakan dalam operasional gedung akan mampu ditekan,” kata dia.

Gedung ini dirancang untuk mampu menghemat energi dan meminimalkan limbah. Kaca gedung menggunakan kaca dengan emisi rendah yang tidak meneruskan sinar ultra violet, sehingga suhu ruangan tidak ikut memanas di siang hari apabila cuacanya terik. Hal itu berdampak pada penggunaan energi untuk pendingin ruangan yang akan dapat dikurangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya