SOLOPOS.COM - Warga membanjiri Jl Pemuda saat digelar car free night (CFN) merayakan malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso).

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten berencana menggelar Car Free Night (CFN) di sepanjang ruas Jl Pemuda tiap Sabtu malam atau malam Minggu mulai Februari mendatang. Detail rencana agenda itu sampai saat ini masih dibahas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, menjelaskan CFN rencananya digelar mulai Sabtu (11/2/2023) malam. “Masih dirapatkan secara teknis. Untuk jam mulainya ada masukan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB,” kata Jajang saat ditemui Solopos.com di Rumah Dinas Bupati Klaten, Jumat (27/1/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

CFN rencananya digelar dari simpang lima Plasa Klaten hingga simpang empat Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Klaten. Soal jam pelaksanaan Car Free Night di Jl Pemuda Klaten, Jajang mengatakan hingga kini juga masih terus dibahas.

“Jam beroperasinya masih sampai sekitar pukul 21.00 WIB. Nanti dilihat. Karena tidak mungkin kami menutup jalan semalam suntuk. Nanti sampai pukul 21.00 WIB, bersih-bersih selama satu jam diharapkan pukul 22.00 WIB sudah bersih [bisa kembali untuk lalu lintas kendaraan],” jelasnya.

Rencananya, lapak pedagang hanya diizinkan pada satu sisi ruas jalan yakni di sisi timur atau di sisi kiri jalan dari arah simpang lima menuju simpang empat Disperakim. Ditanya apakah CFN bakal dilakukan secara rutin, Jajang menjelaskan akan melihat perkembangan dan evakuasi.

Jika secara ekonomi berpengaruh cukup baik, CFN bakal dilanjutkan secara rutin. Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyampaikan ada wacana menggelar Car Free Night di Jl Pemuda.

Sementara, Car Free Day (CFD) yang digelar saban Minggu pagi tetap diadakan di Jl Mayor Kusmanto. Mulyani berharap CFN bisa diadakan setiap Sabtu malam.

“Sama seperti saat perayaan malam tahun baru [pelaksanaan CFN]. Hanya, satu sisi jalan [yang digunakan untuk jualan PKL]. Alun-alun tetap steril dari PKL. Sudah ada perbup bahwa di sana termasuk zona merah dari PKL,” kata Mulyani saat ditemui di Pendapa Pemkab Klaten, Senin (2/1/2023) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya