SOLOPOS.COM - Rheo Fernandez. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Rheo Fernandez yang merupakan anak Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo masuk dalam bakal daftar calon sementara (BDCS) anggota DPRD Solo dalam Pemilu 2024 berdasarkan Musyawarah Anak Cabang Khusus (Musancabsus) PDIP Jebres.

Informasi tersebut diperoleh Solopos.com dari hasil Penjaringan dan Penyaringan BDCS Anggota DPRD Solo melalui Musancabsus PDIP Jebres. Di BDCS Anggota DPRD Solo terdapat 24 nama yang diusulkan untuk maju sebagai caleg pada Pemilu 2024.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angka itu akan dikerucutkan menjadi 12 nama sesuai kuota kursi DPRD Solo di Dapil V Jebres dalam rapat atau musyawarah tingkat DPC PDIP Solo. Selanjutnya nama-nama yang lolos tahap penyaringan kembali diusulkan ke DPD/DPP PDIP.

Saat dihubungi melalui telepon seluler (ponsel), Kamis (6/10/2022), Rheo Fernandez mengonfirmasi namanya masuk bakal daftar calon sementara Anggota DPRD Solo. Tapi anak laki-laki FX Hadi Rudyatmo itu menyerahkan semua keputusan kepada partai, apakah dirinya maju sebagai caleg DPRD Solo atau tidak.

“Kalau saya tetap mengikuti arahan partai saja. Yang namanya kader partai ya tetap harus mengikuti instruksi partai, kalau partai iya atau tidak, saya ikuti. Dalam arti tetap berada di dalam garis partai. Saya tidak akan ke mana-mana,” ujarnya.

Baca Juga: Diusulkan Jadi Caleg DPR di Pemilu 2024, Rudy PDIP: Warga Solo Isih Tresna Aku

Rheo mengungkapkan selama ini dirinya belum pernah maju sebagai caleg DPRD Solo. Meskipun ia mengakui namanya beberapa kali diusulkan kader PDIP Jebres untuk mencalonkan diri. Tapi selama ini dia selalu menolak usulan tersebut.

Penjaringan dan Penyaringan Caleg DPRD Solo

Alasannya, saat itu ada ayahandanya, FX Hadi Rudyatmo, di pucuk pimpinan eksekutif atau Pemkot Solo. “Saya belum pernah nyaleg. Kemarin-kemarin kan saya selalu menolak, karena kebetulan bapak di eksekutif. Saya enggak mau,” katanya.

Disinggung kondisi saat ini di mana Rudy tidak lagi menjadi Wali Kota Solo, Rheo mencoba menjawab diplomatis. Anak FX Hadi Rudyatmo itu mengatakan masih harus melalui proses penjaringan dan penyaringan di tingkat kota sebelum diusulkan ke DPP PDIP sebagai caleg DPRD Solo.

Baca Juga: Akar Rumput PDIP Solo Usulkan Rudy Maju sebagai Caleg DPR RI di Pemilu 2024

“Lah iya, makanya itu. Tapi kan pilihannya [caleg PDIP Jebres] banyak itu nanti. Kan ada 24 orang di Jebres. Yang kompeten siapa saja hanya beliau [Rudy] dan tim yang akan menentukan siapa-siapa saja yang akan maju,” terangnya.

Di samping itu, Rheo menyatakan dalam penentuan caleg ada banyak parameter atau pertimbangan, tidak semata popularitas atau nama. Ada aspek yang menurutnya lebih penting yaitu kompetensi dan kredibilitas sebagai legislator.

“Yang pasti masih ada pilihan-pilihan, menilainya tidak hanya oh ini saya punya nama. Tapi bila tidak kompeten, itu juga bisa jadi penilaian. Kalau saya mengalir saja,” urai Rheo yang saat ini menjabat Wakil Ketua PAC PDIP Jebres Bidang Ideologi.

Baca Juga: Siap-Siap, Rudy Ketua DPC PDIP Solo Bakal Gaspol di Pemilu 2024

Sebelumnya, dari musancabsus PAC PDIP di empat kecamatan, nama FX Hadi Rudyatmo juga masuk daftar bakal calon sementara anggota legislatif DPR RI. Senada dengan sang anak, Rudy pun mengatakan menyerahkan keputusan kepada DPP PDIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya