Wah, Ada Nama Anak FX Hadi Rudyatmo di Daftar Usulan Caleg DPRD Solo 2024

Nama anak FX Hadi Rudyatmo, Rheo Fernandez, masuk bakal daftar caleg sementara DPRD Kota Solo 2024 dari hasil penjaringan PAC PDIP Jebres.

 Rheo Fernandez. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Rheo Fernandez. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Rheo Fernandez yang merupakan anak Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo masuk dalam bakal daftar calon sementara (BDCS) anggota DPRD Solo dalam Pemilu 2024 berdasarkan Musyawarah Anak Cabang Khusus (Musancabsus) PDIP Jebres.

Informasi tersebut diperoleh Solopos.com dari hasil Penjaringan dan Penyaringan BDCS Anggota DPRD Solo melalui Musancabsus PDIP Jebres. Di BDCS Anggota DPRD Solo terdapat 24 nama yang diusulkan untuk maju sebagai caleg pada Pemilu 2024.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Angka itu akan dikerucutkan menjadi 12 nama sesuai kuota kursi DPRD Solo di Dapil V Jebres dalam rapat atau musyawarah tingkat DPC PDIP Solo. Selanjutnya nama-nama yang lolos tahap penyaringan kembali diusulkan ke DPD/DPP PDIP.

Saat dihubungi melalui telepon seluler (ponsel), Kamis (6/10/2022), Rheo Fernandez mengonfirmasi namanya masuk bakal daftar calon sementara Anggota DPRD Solo. Tapi anak laki-laki FX Hadi Rudyatmo itu menyerahkan semua keputusan kepada partai, apakah dirinya maju sebagai caleg DPRD Solo atau tidak.

“Kalau saya tetap mengikuti arahan partai saja. Yang namanya kader partai ya tetap harus mengikuti instruksi partai, kalau partai iya atau tidak, saya ikuti. Dalam arti tetap berada di dalam garis partai. Saya tidak akan ke mana-mana,” ujarnya.

Baca Juga: Diusulkan Jadi Caleg DPR di Pemilu 2024, Rudy PDIP: Warga Solo Isih Tresna Aku

Rheo mengungkapkan selama ini dirinya belum pernah maju sebagai caleg DPRD Solo. Meskipun ia mengakui namanya beberapa kali diusulkan kader PDIP Jebres untuk mencalonkan diri. Tapi selama ini dia selalu menolak usulan tersebut.

Penjaringan dan Penyaringan Caleg DPRD Solo

Alasannya, saat itu ada ayahandanya, FX Hadi Rudyatmo, di pucuk pimpinan eksekutif atau Pemkot Solo. “Saya belum pernah nyaleg. Kemarin-kemarin kan saya selalu menolak, karena kebetulan bapak di eksekutif. Saya enggak mau,” katanya.

Disinggung kondisi saat ini di mana Rudy tidak lagi menjadi Wali Kota Solo, Rheo mencoba menjawab diplomatis. Anak FX Hadi Rudyatmo itu mengatakan masih harus melalui proses penjaringan dan penyaringan di tingkat kota sebelum diusulkan ke DPP PDIP sebagai caleg DPRD Solo.

Baca Juga: Akar Rumput PDIP Solo Usulkan Rudy Maju sebagai Caleg DPR RI di Pemilu 2024

“Lah iya, makanya itu. Tapi kan pilihannya [caleg PDIP Jebres] banyak itu nanti. Kan ada 24 orang di Jebres. Yang kompeten siapa saja hanya beliau [Rudy] dan tim yang akan menentukan siapa-siapa saja yang akan maju,” terangnya.

Di samping itu, Rheo menyatakan dalam penentuan caleg ada banyak parameter atau pertimbangan, tidak semata popularitas atau nama. Ada aspek yang menurutnya lebih penting yaitu kompetensi dan kredibilitas sebagai legislator.

“Yang pasti masih ada pilihan-pilihan, menilainya tidak hanya oh ini saya punya nama. Tapi bila tidak kompeten, itu juga bisa jadi penilaian. Kalau saya mengalir saja,” urai Rheo yang saat ini menjabat Wakil Ketua PAC PDIP Jebres Bidang Ideologi.

Baca Juga: Siap-Siap, Rudy Ketua DPC PDIP Solo Bakal Gaspol di Pemilu 2024

Sebelumnya, dari musancabsus PAC PDIP di empat kecamatan, nama FX Hadi Rudyatmo juga masuk daftar bakal calon sementara anggota legislatif DPR RI. Senada dengan sang anak, Rudy pun mengatakan menyerahkan keputusan kepada DPP PDIP.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Kisah Pendiri Sardi Elektro di Boyolali, Penyandang Disabilitas Daksa Mandiri

      Penyandang disabilitas daksa di Boyolali, Sardi, berhasil mengajak para penyandang difabel untuk berkarya di bidang servis elektro.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Hujan Lebat Siang

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 5 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Petir

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Puluhan Ribu Orang akan Mangayubagyo Tasyakuran Pernikahan Kaesang di Solo

      Polda Jateng memastikan tidak ada penutupan jalan selama pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina yang diperkirakan akan dihaadiri puluhan ribu orang.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Sedang

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Senin Ini: Cerah Berawan Pagi, Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Senin 5 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Laris! Televisi Layar Besar Diburu saat Pameran Candi Elektronik di Solo Square

      Candi Elektronik kembali menggelar Candi Vaganza Exhibition 2022 bertabur promo dan hadiah menarik pada Jumat (25/11/2022) hingga Minggu (4/12/2022) di Atrium Solo Square Mall.