Wah, Ada Festival Toleransi di Lahan Eks Terminal Kartasura Sukoharjo

Paguyuban Wargo Ageng Kartasura (Pawartos) menggelar festival toleransi di lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo.

 Peserta festival toleransi berfoto bersama dalam acara yang digelar Paguyuban Wargo Ageng Kartasura (Pawartos) di lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (11/12/2021). (Istimewa/Pawartos)

SOLOPOS.COM - Peserta festival toleransi berfoto bersama dalam acara yang digelar Paguyuban Wargo Ageng Kartasura (Pawartos) di lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (11/12/2021). (Istimewa/Pawartos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Wargo Ageng Kartasura (Pawartos) menggelar festival toleransi di lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo. Kegiatan itu melibatkan elemen masyarakat dan pemeluk agama yang berbeda-beda untuk merepresentasikan wajah toleransi di wilayah Kartasura.

Acara seremonial festival toleransi dilaksanakan di lahan bekas Terminal Kartasura, Sabtu (11/12/2021). Acara tersebut dihadiri pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kartasura, pengurus Gereja Kristen Jawa (GKJ) dan Gereja Kristen Indonesia (GKI), pengurus gerakan pemuda (GP) Ansor, Gusdurian serta elemen mahasiswa.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Presidium Pawartos, Rutsahaya Sapujiati, mengatakan Kartasura merupakan daerah penyangga atau satelit Kota Solo dengan masyarakat yang heterogen atau beraneka ragam agama, budaya, etnis, dan suku. Kemajemukan itu harus dijaga dan dirawat dengan saling mengakui, menghargai, dan bekerja sama.

Baca Juga: Tak Ada Penyekatan, Pemkab Sukoharjo Waspadai Gelombang Mudik Nataru

“Kami ingin mengajak masyarakat Kartasura untuk menjaga kerukunan umat beragama dan merawat toleransi. Semangat tolerasi harus terus digelorakan guna mewujudkan kerukunan dan perdamaian. Ini wajah toleransi di Kartasura,” katanya kepada Solopos.com mengenai festival toleransi di Kartasura itu, Minggu (12/12/2021).

Wanita yang akrab disapa Rut itu menyampaikan toleransi bisa diciptakan lewat keterbukaan dan saling menghormati. Sikap saling menerima dan menghargai merupakan bagian dari hidup toleran.

Hidup rukun beragama menciptakan kondisi sosial masyarakat tanpa mengurangi hak dasar untuk melaksanakan kewajiban dalam menjalankan agamanya masing-masing. Pawartos ingin berkontribusi mewujudkan semangat toleransi dan kerukunan umat beragama di wilayah Kartasura.

Baca Juga: Mayat Tergeletak di Tepi Jalan Gegerkan Warga Kenep Sukoharjo

“Pemeluk agama dan elemen masyarakat harus menjunjung nilai-nilai toleransi. Partisipasi syarakat dibutuhkan dalam menangkal masalah intoleransi, radikalisme, dan serta kekerasan,” ujarnya

Rut menyinggung ihwal kasus intoleransi yang kerap terjadi di Indonesia. Hal itu dipengaruhi ujaran kebencian di berbagai platform media sosial (medsos) yang memantik reaksi umat beragama tertentu.

Karenanya melalui festival toleransi di Kartasura itu, Rut mengajak seluruh elemen masyarakat mengedepankan keberagaman untuk memperkokoh solidaritas guna mewujudkan kerukunan antarumat beragama. Camat Kartasura, Joko Miranto, menyatakan pemerintah mendukung beragam upaya dan kegiatan dalam mewujudkan toleransi dan kerukunan umat beragama.

Baca Juga: Perbaikan Saluran Limbah PT RUM Ditarget Selesai Pertengahan Bulan

Pemerintah dan elemen masyarakat harus bersinergi merawat toleransi di wilayah Kartasura. Joko berharap elemen masyarakat bergandengan tangan untuk menjaga perdamaian dan toleransi umat beragama.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini bisa disimikan pada artikel ini.

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.

      Fix! Lapangan Pringgodani Wonogiri Jadi Lokasi Upacara Kemerdekaan RI

      Pemerintah Kabupaten Wonogiri memastikan akan melaksanakan upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI di Lapangan Pringgondani, Wonokerto, Wonogiri, Rabu (17/8/2022).