SOLOPOS.COM - Toyota Fortuner (Gambar: www.toyota.co.th)

Solopos.com, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) memberi sinyal adanya penyegaran untuk Fortuner pada 2024. Sport utility vehicle (SUV) ini kali terakhir mendapat penyegaran pada awal 2022.

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan merek yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk (ASII) tersebut tengah mempersiapkan beberapa pembaruan produk.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

“Terkait movement product tentu saya tidak bisa berkomentar ya, silakan ditunggu saja karena tahun depan kami sudah siapkan berbagai update untuk terus bisa keep up dengan kebutuhan mobilitas masyarakat yang terus berkembang,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (5/12/2023).

Penyegaran pada jenis Toyota Fortuner menjadi salah satu angin segar di tengah merosotnya penjualan mobil SUV besar. Pasalnya, Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menunjukan penjualan Toyota Fortuner secara wholesales mencapai 12.879 unit sepanjang Januari-Oktober 2023, turun 33.84% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 19.467 unit.

Gaikindo mencatat, total penjualan SUV besar mencapai 25.517 unit, turun 33,09% secara year-on-year (YoY) dari 38.137 unit.

Menurut Anton, penurunan pada penjualan Toyota Fortuner terjadi seiring dengan penjualan di pasar SUV yang tengah mengalami penurunan.

Dia pun menyebut penyebab adanya penurunan pada pasar SUV besar terjadi karena tidak ada pergerakan besar untuk segmen ini. Adapun segmen ini akan sangat bergantung dari pergerakan produk yang ada.

Terlebih lagi konsumen untuk segmen ini cenderung sudah memiliki mobil pertamanya. Alhasil konsumen pun juga kemungkinan sedang menunggu ada produk baru untuk menambahkan jenis mobil pada garasinya.

“Jadi rasanya memang market khususnya pada segmen ini ya relatif sama kondisinya tidak cuma Fortuner,” tuturnya.

Pada Januari 2022, Toyota menghadirkan mesin diesel yang bertenaga dan responsif berkode 2GD 2.393 cc VNT Intercooler dan mesin bensin 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i pada produk Fortuner.

Kala itu, Toyota menghadirkan pilihan mesin diesel baru yaitu 1GD yang menawarkan tenaga dan torsi yang lebih besar untuk produk Fortuner 2.8 VRZ Mesin diesel berkode 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler itu mampu menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS pada 3.000 -4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600–2.800 rpm. Kehadiran tenaga yang lebih tinggi sekitar 36% dengan torsi meningkat 25% pada mesin 1GD pun membuat waktu akselerasi 0-100 kilometer per jam (km/jam) yang lebih cepat yaitu 11,9 detik.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Toyota Kasih Bocoran Rencana Penyegaran Fortuner Tahun Depan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya