SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Malang–Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Syaifullah Yusuf melarang konser band Peterpan di daerahnya. Hal itu terkait dengan beredarnya video mesum yang diduga diperankan sang vokalis, Ariel.

Menurut Gus Ipul, panggilan akrab Wagub yang murah senyum itu, ia berharap agar seluruh konser Ariel Peterpan tidak masuk ke Jawa Timur atau ditunda lebih dulu.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

“Saya minta ditunda dulu lah. Situasinya kan seperti ini. Sambil menunggu apakah benar video asusila yang banyak diperbincangkan itu adalah dirinya. Sebab, masalah ini sudah menasional dan meresahkan masyarakat,” ungkap Gus Ipul, seperti dilansir inilah.com, Jumat (11/6).

Dijelaskannya, jika nekat masuk ke Jatim, konser tersebut akan berdampak tidak baik. Lebih-lebih, jika konser dipaksakan tampil di Jatim, akan banyak mengundang pro kontra yang berlebihan. Pasalnya, pembenaran apakah video asusila berwajah mirip vokalis Peterpan itu, masih belum ada kejelasan dari yang bersangkutan.

Lebih jauh Gus Ipul menuturkan permasalahan tayangan video yang melanggar norma susila itu, merupakan permasalahan moral. Karena bagaimanapun juga, seks bebas tidak dibenarkan secara Agama dan Negara. Apalagi, dalam video tersebut, wajah pemeran laki-laki dan perempuanya, merupakan public figure. Sehingga, hal itu sangat berdampak pada psikologis masyarakat dan budaya Indonesia.

“Sebenarnya, ukuran masalah ini adalah moral. Ada baiknya, saya meminta agar pemberitaan seputar video asusila tersebut tidak diekspos secara sporadis dan berlebihan. Termasuk, tidak menampilkan gambar-gambar tak senonoh seperti itu,” ucapnya.

Gus Ipul juga menambahkan, ada baiknya media menampilkan dan menyajikan pemberitaan yang edukatif. Serta, tidak menyiarkan sesuatu yang reaktif dan provokatif. Sehingga, hal ini bisa menjadikan contok dan mendidik masyarakat secara tidak langsung. Sebab, dengan makin gencarnya pemberitaan video asusila yang wajah pemerannya mirip Ariel itu, akan memancing reaksi masyarakat untuk memburu dan mencari gambar asusila baik dari VCD ataupun melalui situs porno di warnet-warnet.

“Ada baiknya konser Ariel Peterpan untuk wilayah Jatim ditunda dulu. Kita bukannya memboikot. Tapi, ditunda saja. Masalahnya, kasus ini sangat ramai sambil menunggu pembenaran apakah benar video itu diperankan oleh Ariel,” papar Gus Ipul.

rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya