Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin. (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, SEMARANG — Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengajak masyarakat menggiatkan Gerakan Belanja Dekat Rumah sebagai upaya mendukung pertumbuhan usaha kecil menengah (UKM).

Ajakan itu diserukan Wagub Taj Yasin di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019). Menurutnya, berbelanja di dekat rumah bukan hanya bisa mendukung pertumbuhan UKM lokal, tetapi juga sebagai upaya melestarikan tradisi dan budaya perdagangan Indonesia.

"Budaya perdagangan Indonesia sarat dengan nilai-nilai budaya yang merepresentasikan kekuatan sosial dan ekonomi Indonesia," katanya.

Wagub yasin mengaku sangat mendukung Gerakan Belanja Dekat Rumah yang bertujuan meningkatkan daya saing toko tradisional menghadapi persaingan bisnis yang kian ketat. Dalam kesempatan itu, Yasin juga mengapresiasi upaya Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah yang melakukan pendampingan dan pembinaan berkelanjutan terhadap toko-toko ritel tradisional.

Dinas Koperasi dan UMKM Jateng bahkan diketahuinya menggandeng pondok pesantren dalam pendampingan dan pengembangan toko kelontong modern di lingkungan pesantren atau Toko Santri Gayeng (Tosaga).

Pemprov Jateng meminta berbagai lembaga keuangan ikut berperan aktif mengembangkan UKM-UKM yang tersebar di 35 kabupaten/kota. Salah satu persoalan yang dihadapi para pelaku UKM adalah keterbatasan modal dan saat ini banyak UKM yang feasible, tapi belum bankable sehingga kesulitan mendapatkan pinjaman modal dari perbankan maupun lembaga keuangan lainnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten