Wagub Jateng Dorong Adanya Wisata Halal di Tawangmangu, Ini Maksudnya

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendorong wisata halal di Tawangmangu untuk membidik wisatawan dari negara muslim.

 Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, meresmikan Masjid Al Fatih IIBS Al Azhar, di Karangpandan, Karanganyar, Senin (18/10/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, meresmikan Masjid Al Fatih IIBS Al Azhar, di Karangpandan, Karanganyar, Senin (18/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendorong diwujudkannya wisata halal di Tawangmangu, Karanganyar.

Wacana ini disampaikan Wagub saat menghadiri acara peresmian Masjid Al Fatih Al Azhar International Islamic Boarding School (IIBS) di Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Senin (18/10/2021). Maksud Wagub dari wisata halal adalah memberikan kenyamanan dan makanan yang halal kepada pengunjung.

Promosi24 Tahun Kerusuhan Mei 1998 di Solo, Bermula dari Demo Mahasiswa

Wagub Taj Yasin melihat Tawangmangu sebagai ikon wisata di Karanganyar bisa dikembangkan lebih jauh. Salah satunya dengan mendorong wisata halal yang menyasar target wisatawan dari negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim, seperti Maroko, Turki, Arab Saudi dan lain-lain.

Baca Juga: Libur Maulid Nabi, Tawangmangu Cenderung Sepi

“Saya mengapresiasi dengan Pondok Pesantren Isy Karima Karangpandan yang menyiapkan dan mengemas makanan itu secara mandiri. Makanan yang diolah secara sehat dan sesuai dengan ketentuan agama. Tentu ini akan membuat wisatawan dari negara-negara seperti Maroko, Turki dan Saudi Arabia datang ke sini,” papar Wagub saat peresmian Masjid Al Fatih, seperti dikutip dari rilis resmi Pemkab Karanganyar.

Lebih jauh, Taj Yasin mencontohkan Pondok Sulamainiyah di Turki. Di sana pondoknya lebih modern namun mampu mengemas dan mengolah makanan secara halal. Mulai dari sapi yang dipelihara secara mandiri di pondok tersebut, kemudian dipotong juga sesuai dengan syariat. Daging tersebut kemudian diolah menjadi makanan siap saji, dikemas dan diedarkan secara luas.

“Saya melihat Al Azhar  IIBS juga membuat santrinya entrepreneur, profesional, dan hafiz,” tambahnya.

Baca Juga: Gerindra Karanganyar Gelar Vaksinasi, Jumlah Peserta Jauh Berkurang

Wagub juga berharap santri tidak hanya menghafal Al Quran, namun juga tahu artinya dan mengamalkan dalam kehidupan. Hadirnya Al Azhar IIBS diharapkan dapat melahirkan generasi generasi penghafal Al Quran.

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengucapkan terima kasih dan bangga diresmikan Masjid Al Fatih. Pihaknya berharap Al Azhar IISB melahirkan anak anak yang hafiz Al Quran dan SDM yang berakhlak mulia. Selain itu, mereka juga diharapkan memiliki pegetahuan yang unggul dan mampu menguasai teknologi.

“Semoga terwujud Karanganyar yang Baldatun Thoyibatun Warufur ghofur. Masyarakat kaya raya dan sejahtera,” pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Pura-Pura Mau Beli, Warga Karangnongko Klaten Gondol Motor Showroom

Pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor di showroom yang berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten, Klaten, Jawa Tengah, akhirnya ditangkap polisi.

Joss! Pelajar SMA di Teras Boyolali Diterima di 7 Kampus Luar Negeri

Kisah inspiratif kali ini tentang seorang pelajar SMA asal Teras, Boyolali, diterima di tujuh kampus luar negeri.

Misteri Jembatan Jurug Solo: Bunga Tabur, Onggo-Inggi & Gundul Pringis

Jembatan Jurug Lama di Kota Solo konon menyimpan segudang kisah misteri.

Waduh! Pemuda Wonogiri Emoh Jadi Petani

Generasi muda di Wonogiri, Jawa Tengah, enggan belajar di bidang pertanian.

Sekolah di Sragen Siap PTM 100%,

Sekolah di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, sudah siap menggelar PTM secara penuh.

Ini Alasan Kemenparekraf Bangun Kampus Rp400 Miliar di Gemolong Sragen

Keberadaan kampus Politeknik Pariwisata senilai Rp400 miliar yang akan dibangun Kemenparekraf di Gemolong, Sragen, diyakini akan membawa multiplier effects bagi warga setempat.

Wah! TPA Sampah Putri Cempo Solo Disiapkan Jadi Tempat Wisata Edukasi

Tempat Pembuangan Akhir atau TPA Sampah Putri Cempo di Mojosongo, Solo, diproyeksikan menjadi tempat wisata edukasi.

Curhatan Ibu-Ibu Solo Pengguna Sepur Kelinci: Dulu Senang, Kini Waswas

Sejumlah ibu-ibu yang kerap naik sepur kelinci untuk hiburan bersama anak-anak mereka di wilayah Solo mengaku kini takut naik kendaraan tersebut setelah peristiwa kecelakaan di Boyolali.

Tak Hanya Ganjar dan Rudy, Gibran Juga Absen Halalbihalal PDIP Jateng

Selain Ganjar Pranowo yang tak diundang, FX Hadi Rudyatmo dan Gibran Rakabuming Raka yang diundang juga tak menghadiri halalbihalal DPD PDIP Jateng.

TPA Putri Cempo Solo Bakal Impor Sampah, Dari Mana?

TPA Putri Cempo di Mojosongo, Solo, akan impor sampah untuk memenuhi kebutuhan operasional PLTSa beberapa tahun ke depan.

Kereta Kelinci di Klaten hanya Diperbolehkan Beroperasi di Area Wisata

Jajaran Polres Klaten mengimbau ke pemilik/pengelola kereta kelinci tidak mengoperasikan kendaraan tersebut di jalan raya di Kabupaten Bersinar.

Dulu Penuh Sampah, Lahan di Mojayan Klaten Kini Jadi Tempat Berkuda

Ada tempat berkuda yang terhitung baru di Klaten. Namanya de Christo Equine Park.

Agrowisata Tani Manunggal Selogiri Wonogiri Ajak Anak Muda Bertani

Agrowisata Barro Tani Manunggal berdiri di Desa Jaten, Kecamatan Selogiri. Agrowisata tersebut menjadi tempat bagi siapa pun yang ingin belajar bercocok tanam dengan benar.

Wow! Politeknik Pariwisata Sragen Dilengkapi Hotel Internasional Lur

Kampus Politeknik Pariwisata yang akan dibangun Kemenparekraf di Gemolong, Sragen, akan dilengkapi sejumlah fasilitas pembelajaran mewah hotel berkelas internasional.

Basarnas Pos SAR Surakarta Bertemu Perwakilan Sukarelawan se-Soloraya

Basarnas Pos SAR Surakarta menyelenggarakan halalbihalal di kantor Basarnas Pos SAR Surakarta Jl. Tentara Pelajar, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, pada Sabtu (14/5/2022).