Wagub Jateng Dorong Adanya Wisata Halal di Tawangmangu, Ini Maksudnya

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendorong wisata halal di Tawangmangu untuk membidik wisatawan dari negara muslim.

 Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, meresmikan Masjid Al Fatih IIBS Al Azhar, di Karangpandan, Karanganyar, Senin (18/10/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, meresmikan Masjid Al Fatih IIBS Al Azhar, di Karangpandan, Karanganyar, Senin (18/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendorong diwujudkannya wisata halal di Tawangmangu, Karanganyar.

Wacana ini disampaikan Wagub saat menghadiri acara peresmian Masjid Al Fatih Al Azhar International Islamic Boarding School (IIBS) di Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Senin (18/10/2021). Maksud Wagub dari wisata halal adalah memberikan kenyamanan dan makanan yang halal kepada pengunjung.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Wagub Taj Yasin melihat Tawangmangu sebagai ikon wisata di Karanganyar bisa dikembangkan lebih jauh. Salah satunya dengan mendorong wisata halal yang menyasar target wisatawan dari negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim, seperti Maroko, Turki, Arab Saudi dan lain-lain.

Baca Juga: Libur Maulid Nabi, Tawangmangu Cenderung Sepi

“Saya mengapresiasi dengan Pondok Pesantren Isy Karima Karangpandan yang menyiapkan dan mengemas makanan itu secara mandiri. Makanan yang diolah secara sehat dan sesuai dengan ketentuan agama. Tentu ini akan membuat wisatawan dari negara-negara seperti Maroko, Turki dan Saudi Arabia datang ke sini,” papar Wagub saat peresmian Masjid Al Fatih, seperti dikutip dari rilis resmi Pemkab Karanganyar.

Lebih jauh, Taj Yasin mencontohkan Pondok Sulamainiyah di Turki. Di sana pondoknya lebih modern namun mampu mengemas dan mengolah makanan secara halal. Mulai dari sapi yang dipelihara secara mandiri di pondok tersebut, kemudian dipotong juga sesuai dengan syariat. Daging tersebut kemudian diolah menjadi makanan siap saji, dikemas dan diedarkan secara luas.

“Saya melihat Al Azhar  IIBS juga membuat santrinya entrepreneur, profesional, dan hafiz,” tambahnya.

Baca Juga: Gerindra Karanganyar Gelar Vaksinasi, Jumlah Peserta Jauh Berkurang

Wagub juga berharap santri tidak hanya menghafal Al Quran, namun juga tahu artinya dan mengamalkan dalam kehidupan. Hadirnya Al Azhar IIBS diharapkan dapat melahirkan generasi generasi penghafal Al Quran.

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengucapkan terima kasih dan bangga diresmikan Masjid Al Fatih. Pihaknya berharap Al Azhar IISB melahirkan anak anak yang hafiz Al Quran dan SDM yang berakhlak mulia. Selain itu, mereka juga diharapkan memiliki pegetahuan yang unggul dan mampu menguasai teknologi.

“Semoga terwujud Karanganyar yang Baldatun Thoyibatun Warufur ghofur. Masyarakat kaya raya dan sejahtera,” pungkasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kedaulatan Pangan Benteng Menghadapi Ancaman Krisis Pangan Global

+ PLUS Kedaulatan Pangan Benteng Menghadapi Ancaman Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo pada pekan lalu meminta jajarannya fokus mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan. Langkah ini sangat penting sebagai upaya menghadapi krisis pangan global yang mulai melanda berbagai negara di belahan dunia.

Berita Terkini

6 Kecamatan di Wonogiri Ini Peroleh Vaksin PMK di Tahap Awal

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri telah memetakan sejumlah daerah yang akan mendapat 1.500 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kisah Raja Solo Semedi di Sanggar Pamudjan Pesanggrahan Langenharjo

Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat terkaya, Paku Buwono (PB) X diketahui kerap bersemedi dan rekreasi di Pesanggrahan Langenharjo di Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, begitu pula pendahulunya PB IX.

Vaksinasi PMK Tahap I Klaten Dikebut hingga Akhir Pekan, Ini Sasarannya

Vaksinasi mencegah persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap ternak di Klaten mulai digencarkan. Pada tahap pertama, vaksin PMK yang disiapkan sebanyak 2.200 dosis.

Terancam Kacau Balau, Pemkot Solo Didesak Cari Solusi Penghapusan TKPK

Pemkot Solo disebut akan kacau balau jika tenaga honorer atau TKPK dihapus oleh pemerintah pusat mulai tahun depan.

Ratapan Kru Bus Bumel Jurusan Solo-Wonogiri yang Tergilas Roda Zaman

Sejak pandemi Covid-19, penumpang bus Solo-Wonogiri berkurang drastis.

Wahana Permainan dan Kuliner Sentra Market Solo Baru Ramai Pengunjung

Sentra Market berlangsung sejak pekan lalu yaitu 20 Juni 2022 hingga 5 Juli 2022 mendatang, sedangkan untuk festival kuliner berakhir pada 29 Juni 2022.

518 Surat Tilang Dikirim, Satlantas Karanganyar: Belum Ada Protes

Setiap hari ada 100 pengguna kendaraan yang terkena tilang selama Operasi Patuh Candi 2022 di Karanganyar. Mereka diberi surat tilang yang dikirim ke alamat rumah sesuai nomor polisi.

Bus Damar Sasongko, Mesin Tua 1991 Masih Ampuh Jelajahi Solo-Jatipuro

Bus perintis Solo-Jatipuro, Damar Sasongko, masih ampuh menjelajahi jalanan pedesaan meski mesinnya sudah berumur 30-an tahun.

Pernah Dikira Gila, Petani Milenial Asal Plupuh Juara III Krenova 2022

Seorang petani milenial asal Desa Ngrombo, Kecamatan Plupuh, Sragen, berhasil membuat biang pupuk organik cair (POC). Berkat kreasinya, pria bernama Perri Setiawan ini keluar jadi juara III lomba Krenova 2022.

Masih Ada 4.353 Bayi Stunting Jadi PR Besar Pemkab Sragen

Tingginya angka stunting di Sragen jadi PR besar Pemkab. Bupati Sragen menargetkan angkan stunting di Sragen turun di bawah 14% dalam skala Jateng pada 2024.

DPD Partai Golkar Solo Ungkap Alasan Ketua Fraksi di DPRD Diganti

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Solo Bidang Perempuan Suwanti menjelaskan alasan Ketua Fraksi Partai Golkar-PSI di DPRD Solo diganti.

Wong Boyolali Pasrah Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi

Masyarakat dan pedagang di Boyolali untuk tidak khawatir dengan adanya aturan pembelian minyak goreng dari pemerintah tersebut.

Siap-Siap! Petugas Vaksinasi Covid-19 Serbu Pusat Keramaian Kota Solo

Petugas puskesmas di Kota Solo keroyokan terjun ke lokasi-lokasi keramaian untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 sepanjang pekan ini.

Kenapa Ciu Bekonang Terkenal?

Tahukah Anda kenapa ciu Bekonang sangat terkenal dan memiliki cukup banyak penikmat?

Harga Sayur di Boyolali Melejit Gegara Petani Lereng Merapi Gagal Panen

Beberapa komoditas sayur di Boyolali yang harganya naik seperti cabai, wortel, dan bawang merah.