SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MAGELANG — Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengajak pelajar SD Negeri 01 Borobudur, Kabupaten Magelang berkeliling dari stan ke stan untuk mencicipi buah nusantara dalam pembukaan Festival Buah Jawa Tengah.

“Hari ini kita ajak mereka bermain. Bukan hanya mencicipi rasanya saja, tetapi dipikiran mereka sudah teringat. Jadi akhirnya mereka kenal dan mau mengonsumsi buah-buahan,” katanya seusai meninjau stan peserta Festival Buah Jawa Tengah dari 35 kabupaten dan kota di Jateng di Lapangan Samudra Raksa, kawasan Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Sabtu (9/3/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Taj Yasin dalam kesempatan itu mengenalkan beberapa buah lokal khas Jawa Tengah yang sudah langka di pasaran, antara lain kawista, mundu, dan kesemek. “Di Rembang banyak kawista. Favorit saat cuaca lagi panas-panasnya. Disimpan dalam kulkas, top rasanya. Waktu saya kecil, ditaburi pakai gula ‘enak tenan’ [enak sekali]. Tetapi sekarang anak-anak sudah enggak kenal buah kawista,” katanya.

Gus Yasin juga mengajak masyarakat untuk lebih mengapresiasi buah-buahan lokal Jawa Tengah, termasuk menanamnya di pekarangan rumah. Dirinya juga meminta buah produk lokal Jateng didaftarkan sebagai kekayaan buah asli Indonesia.

“Kita dorong dan kenalkan bahwa Jateng kaya buah lokal. Untuk mengamankannya, segera didaftarkan supaya tidak ada lagi negara lain yang mengklaim. Seperti kesemek, ternyata di Suriah juga ada dan rasanya nikmat manis bukan main. Ada pahit sepet-sepetnya yang ‘ngangenin’ (membuat kangen),” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Jateng Suryo Banendro mengatakan Festival Buah Jawa Tengah yang pelaksanaannya saat ini menginjak tahun keempat itu, sebagai upaya mengajak sekaligus mendorong masyarakat lebih mencintai buah-buahan. Dalam festival tersebut, pihaknya juga mengadakan lomba buah unggulan berupa durian, manggis, pisang, duku, dan alpukat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya