Waduk Gembong, Tempat Alternatif Wisata Seusai PPKM

Lokasi waduk ini sangat strategis dan sejuk serta suasananya sangat tenang dan teduh dan cocok bagi yang memang ingin mencari ketenangan.

 Waduk Gembong Kabupaten Pati (Instagram/@patisakpore)

SOLOPOS.COM - Waduk Gembong Kabupaten Pati (Instagram/@patisakpore)

Solopos.com, PATI — Berada di kawasan pesisir utara Jawa Tengah, Kabupaten Pati memiliki beraneka ragam wisata, salah satunya adalah Waduk Seloromo Gembong. Waduk ini  kali pertama dibangun pada zaman penjajahan Belanda.

Waduk besar ini menjadi pengendali volume  air serta menjadi tempat pengairan bagi kawasan Gembong dan sekitarnnya, seperti Pati Kota, Wedarijaksa, dan Tlogowungu. Waduk ini menampung 9,5 juta meter kubik air dari empat sungai, yaitu Sungai Bengkat, Sungai Juwana, Sungai Bajangan dan Sungai Sumuran.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube Xvian Channel, Kamis (5/8/2021), Waduk Seloromo Gembong ini sangat luas dan sangat cocok digunakan untuk berkemah. Danau waduk yang membentang ditambah dengan daratan yang ditumbuhi rumput menjadi sebuah pemandangan yang asyik untuk dinikmati.

Baca Juga : Kuliner Petis Kambing Runting Khas Pati, Berawal dari Daging Kambing Kurban yang Melimpah

Lokasi waduk ini sangat strategis dan sejuk serta suasananya sangat tenang dan teduh dan cocok bagi yang memang ingin mencari ketenangan. Waduk ini juga memiliki beberapa fasilitas, di antaranya adalah area parkir kendaraan, gazebo, warung makan dan tempat untuk menikmati kopi darat, selain itu juga musala dan kamar mandi.

Tempat ini juga terdapat sudut-sudut yang pas untuk dijadikan tempat berswafoto dan memperkaya konten foto di akun platform media sosial, seperti Instagram. Salah satu spot yang bagus adalah adanya jembatan dermaga yang indah.

Tips untuk mengunjungi tempat ini adalah waktu sore hari di mana pengunjung bisa menikmati suasana senja yang mengesankan dan dibalut dengan ketenangan alam serta ditemani dengan pepohonan yang hijau dan lebat  di sekitar.

Baca Juga : Masjid Agung Pati Saksi Sejarah Bumi Mina Tani

Buat yang ingin berkemah diharapkan membawa perlengkapan kesehatan dan makanan siap saji untuk mempermudah kegiatan disana. Biasanya, siswa-siswi SD-SMA sering melakukan kemah di tempat ini sebagai bagian dari agenda tahunan.

Waduk yang juga dikenal sebagai Waduk Gembong ini berada di sebelah tenggara kaki Gunung Muria. Secara administratif, waduk ini berada di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati. Waduk ini merupakan waduk pertama yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1930.

Tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis namun pengunjung tetap membayar parkir. Tipe bendungan Waduk Seloromo adalah urugan batu dengan tinggi bendungan 36 meter dari dasar sungai. Sedangkan panjang puncak bendungannya yaitu 365 meter dan lebar 6 meter.

Jika masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 telah usai, mungkin tempat ini bisa dijadikan agenda untuk melepas perasaan pandemic fatigue atau kegalauan akibat isu-isu pandemi yang terus-menerus terkspos.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

KLHK Pantau Keberadaan Macan Tutul di Pegunungan Lasem Rembang

Selain dugaan keberadaan macan tutul, ada pula hewan terancam punah lainnya di Pengunungan Lasem Rembang.

Pemkab Grobogan Fasilitasi Swab Antigen Peserta Tes CPNS

Link pendaftaran swab antigen bagi peserta tes CPNS sudah diunggal melalui akun Instagram BKPPD Grobogan.

Fix! Dokter Cabul di Semarang yang Campurkan Sperma ke Makanan Istri Teman Idap Kelainan Jiwa

Dokter berinisial DP, 31, yang menjadi tersangka kasus asusila karena mencampurkan sperma ke makanan istri temannya di Semarang dinyatakan mengidap kelainan jiwa.

Bioskop di Kudus Dibuka Kembali, Ini Syarat Bagi Penonton

Berada pada PPKM level 2, Kabupaten Kudus mengizinken bioskop buka dengan protokol kesehatan ketat bagi penonton.

1.681 Ibu Hamil di Kendal Sudah Ikut Vaksinasi Covid-19

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynee Frederica meminta ibu hamil yang ada di wilayahnya untuk tidak takut vaksinasi.

Silaturahmi ke Kediaman Habib Luthfi Pekalongan, Airlangga: Beliau Orang Tua Kita

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto sowan ke kediaman Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi.

Bikin Penasaran! Wisata Curug Sirawe Batang Tawarkan Pesona Aliran Air Panas dan Dingin Terjun Bersama

Wisata Curug Sirawer Batang memiliki keunikan yakni curug air panas yang bersuhu tinggi dan satu curug bersuhu sangat dingin mengucur bersamaan.

Sudah Punya 20, Kota Semarang Bakal Ketambahan 4 Rumah Sakit Anyar, Mana Saja?

Akan ada empat rumah sakit (RS) baru di Kota Semarang. Dengan tambahan rumah sakit ini diharapkan bisa mengakomodasi pasien Covid-19 yang banyak.

Istana Konglomerat Pertama Asia Tenggara di Semarang Kini Jadi Perkantoran, Ini Lokasinya!

Dahulu memiliki luas hingga 81 ha, istana konglomerat Asia Tenggara di Semarang kini berubah jadi perkantoran. Kira-kira di mana lokasinya?

Ganjar Sebut Jateng Segera Bentuk Brinda, Ini Fungsinya

Usulan pembentukan Brinda ini bahkan sudah masuk dalam pembahasan antara Pemprov Jateng dengan DPRD Jateng dalam rapat paripurna.

Hubungan Tak Direstui, Pemuda di Grobogan Nekat Gantung Diri

Cerita keluarga hubungan korban tidak direstui orang tua kekasihnya diduga itu yang membuat pemuda di Grobogan gantung diri.

JoMan Usung Ganjar Jadi Capres, Ini Reaksi Gubernur Jateng

Selama ini, Ganjar memang terkesan acuh setiap ditanya perihal dukungan sejumlah kelompok terkait pencalonannya sebagai presiden pada Pilpres 2024.

Innalillahi, 99 Anak Salatiga Kehilangan Orang Tua Gegara Covid-19

Catatan Pemkot Salatiga, sejak awal pandemi hingga Agustus 2021, sudah ada 99 anak di Salatiga yang kehilangan orang tuanya karena terpapar Covid-19.

Tim Basket Satya Wacana Saints Salatiga Umumkan Pergantian Pelatih

Mantan kapten tim SWSS musim 2010-2011 yaitu Jerry Lolowang terpilih sebagai pengganti Efri Meldi.

Rekonstruksi Pembunuhan Taruna PIP Semarang Digelar, Polisi Temukan Fakta Baru

Polisi menggelar reka ulang penganiayaan taruna PIP Semarang oleh senior yang berujung kematian. Ada sejumlah fakta baru yang terungkap.