SOLOPOS.COM - Kegiatan emergency landing area di Waduk Cengklik, Selasa (11/12/2012). (Oriza Vilosa/JIBI/SOLOPOS)

Kegiatan emergency landing area di Waduk Cengklik, Selasa (11/12/2012). (Oriza Vilosa/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI — Puluhan personel dari sejumlah istitusi, Selasa (11/12/2012), berlatih di emergency landing area atau tempat pendaratan darurat Waduk Cengklik, Ngemplak, Boyolali. Latihan itu difokuskan pada penyelamatan penumpang pesawat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasi Binpot Dirga Lanud Adi Soemarmo, Kapten Didik Hendriyanto mewakili Dan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel (Pnb) Kusworo, mengatakan setiap bandara wajib memiliki lokasi pendaratan darurat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Idealnya adalah wilayah perairan atau persawahan. Namun kali ini murni kita praktikan di air,” jelasnya kepada Solopos.com di sela-sela kegiatan itu.

Sebelum materi penanganan penumpang di pendaratan darurat wilayah air itu, tim dibekali pengetahuan sejak tahap pemberangkatan evakuasi kecelakaan pesawat. Personel yang bertugas mendokumentasikan kecelakaan hingga petugas medis, dilibatkan dalam latihan itu.

Didik menjelaskan lewat latihan itu juga digalang presepsi sama dalam hal penanggulangan kecelakaan pesawat. “Ini kres tim. Jadi dari TNI AU Lanud Adi Soemarmo, Angkasa Pura, rumah sakit TNI AU dan difasilitasi SAR HNC [Higlander HumaNature Care, SAR yang bermarkas di Lanud Adi Soemarmo],” tambahnya.

Direncanakan, lanjut Didik, latihan dilanjutkan Rabu (12/12/2012), dengan agenda praktik penggabungan materi seperti yang diberikan sejak dimulai latihan, Senin (10/12/2012).

Dalam kesempatan sama, Komandan SAR HNC, Dwiantoro alias Kumbo menilai kesiapan penanganan penumpang kecelakaan pesawat wajib dipersiapkan. Dia berharap latihan gabungan itu menjadi awal baik dalam membangun sinergi pihak-pihak terkait dalam menjamin keselamatan penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya