SOLOPOS.COM - Infografis Tawon Vespa (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATEN – Seorang warga Jogodayoh RT 004/RW 001, Kalikotes, Kecamatan Kalikotes, Klaten, disengat tawon vespa affinis pada Jumat (21/8/2020) siang. Saat diserang, warga bernama Ekhwan itu sedang menggendong salah seorang cucunya yang masih bayi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, teror tawon vespa affinis tersebut bermula saat Ekhwan menggendong cucunya di depan kios sol sepatu miliknya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiba-tiba, Ekhwan diserang tawon vespa affinis dari sebelah kiri kios sol sepatunya. Di waktu sebelumnya, sejumlah tawon itu bersarang di pohon mangga yang berada di sebelah kiri kios tersebut.

Pukul Polisi, Kapten MU Ditangkap di Yunani

"Saat itu, saya tidak di rumah. Tapi saya juga memperoleh kabar itu. Kalau kronologi detailnya saya enggak tahu kenapa tiba-tiba diserang tawon. Tapi, saat diserang itu, Pak Ekhwan menggendong cucunya. Di waktu berikutnya diantar istrinya ke Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten. Di sana, sempat disuntik [tim medis]," kata Ketua RW 001 di Jogodayoh, Desa Kalikotes, yakni Rohmadi, saat ditemui Solopos.com, di rumahnya, Sabtu (22/8/2020).

Rohmadi mengatakan sarang tawon yang berada di pohon mangga milik Sulimin langsung dimusnahkan tim sukarelawan di Kalikotes, Jumat (21/8/2020) malam. Pembasmian sarang tawon vespa di pohon mangga tersebut merupakan kali keempat dalam 1-2 tahun terakhir.

Selain di Baki Sukoharjo, Ini 4 Kisah Pembunuhan Sadis Sekeluarga di Indonesia

"Sarang itu langsung dimusnahkan [sarang sebesar dua kepalan tangan orang dewasa]. Sekitar satu tahun lalu, pernah juga warga di sini yang diserang tawon serupa [hingga meninggal dunia],” sambung Rohmadi.

Guna mencegah munculnya sarang tawon vespa, Rohmadi mengimbau warga untuk mengawasi lahan pekarangan yang kosong sekaligus melakukan kerja bakti.

“Misalkan mengetahui sarang tawon langsung dilaporkan [ke tim sukarelawan]," tandasnya.

Raih 90% Suara, Jokowi-Rudy Menang Meyakinkan di Pilkada Solo 2010

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya