Tutup Iklan

Waduh! Usai Takziah, Muncul Klaster Covid-19 di Argomulyo Sleman

Puluhan warga Dusun Suruh, Argomulyo, Cangkringan, Sleman dikabarkan terpapar Covid-19 seusai takziah dan tahlil salah satu warganya.

 Ilustrasi pandemi Corona. (Detik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pandemi Corona. (Detik.com)

Solopos.com, SLEMAN – Penularan Covid-19 berbasis komunitas atau klaster kembali terjadi di wilayah Sleman. Puluhan warga Dusun Suruh, Argomulyo, Cangkringan dikabarkan terpapar Covid-19.

Kabar tersebut dibernarkan oleh Kaur Pangripta Kalurahan Argomulyo, Andi Santoso. Ia membenarkan penularan Covid-19 di padukuhan tersebut. Penularan terjadi setelah warga dalam satu kampung mengikuti takziah atas wafatnya salah seorang warga. Kegiatan tersebut terjadi sekitar lima hari lalu.

“Yang meninggal di Argomulyo, Sleman bukan pasien positif Covid-19. Dan kegiatan takziah sebenarnya dilakukan tidak lama. Tidak banyak yang hadir dan itupun warga satu kampung saja, tidak melibatkan kampung lain,” terang Andi saat dikonfirmasi Harian Jogja, Kamis (5/8/2021) malam.

Baca juga: Vaksinasi di Sleman Sasar Ibu Hamil dan Kalangan Disabilitas

Usai prosesi penguburan, malamnya keluarga menggelar tahlilan. Yang mengikuti kegiatan tersebut juga tidak banyak. Andi tidak mengetahui apakah penularan berasal dari salah satu keluarga rumah duka atau warga lain yang berstatus orang tanpa gejala (OTG).
Hingga kini, jumlah warga Dusun Suruh, Argomulyo Sleman yang terpapar Covid-19 sekitar 73 orang.

“Ya tahu-tahu banyak yang positif. Akhirnya warga yang positif untuk sementara menjalani isolasi mandiri di rumah dan akses ke dusun sementara dibatasi,” katanya.

Baca juga: Stok Obat Covid-19 di Bantul Aman Hingga Pertengahan Agustus

Selain membatasi akses keluar masuk dusun, kata Andi, Satgas Covid-19 Sleman juga melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar lokasi. Menurut rencana, kata Andi, warga yang menjalani isoman akan dievakuasi ke isolasi terpadu (Isoter). Baik di Isoter Rusun ASN PUPR di Maguwoharjo maupun Asrama Haji.

“Alhamdulillah, meski terpapar Covid-19 belum ada yang bergejala berat. Gejala ringan semua. Agar dapat diawasi dengan baik, rencananya yang isoman ini dievakuasi ke Isoter,” ujarnya.

Cegah Covid-19 Sleman

Selama nanti menjalani isolasi di Isoter, lanjut Andi, maka para pemuda akan dikerahkan untuk menjaga keamanan kampung tersebut. “Ini kami masih terus mencari kontak erat juga untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebab masih ada yang belum diswab juga,” ujar Andi.

Terpisah, Plt Panewu (Camet) Cangkringan, Sleman, Suyanto mengatakan puluhan warga Suruh tersebut diperiksa massal setelah banyak temuan kasus yang positif Covid-19. “Swab massal digelar dua hari lalu dan hasilnya baru keluar kemarin sore. Rata-rata bergejala ringan saja jadi isoman di rumah,” katanya.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

OP Minyak Goreng Belum Mampu Tekan Kenaikan Harga

Harga minyak goreng di Kabupaten Sleman saat ini dijual antara Rp19.000-Rp19.500 per liter.

Syiar Islam, 489 Peserta Ikuti MTQ 2021 Kota Jogja

Sebanyak 489 peserta berpartisipasi dalam Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ 2021 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Jogja.

Joss! Guru Honorer di Kota Jogja Digaji Sesuai UMP

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga atau Disdikpora Kota Jogja memastikan gaji guru tidak tetap atau honorer di wilayahnya setara dengan UMP DIY.

Tambah Tiga, Peserta Didik di Jogja Positif Covid-19 Jadi Tujuh

Kasus positif Covid-19 pada peserta didik yang menjalani PTM di Kota Jogja bertambah tiga orang, sehingga menjadi tujuh orang.

Diundang Pemkot Jogja Terkait Relokasi, PKL Malioboro Merasa Dijebak

Pemkot Jogja dikabarkan bakal merelokasi PKL Malioboro tahun depan. Lokasi baru PKL Malioboro adalah di area eks gedung Dinas Pariwisata DIY tepatnya utara kantor DPRD DIY.

PPKM Level 3 Saat Nataru, Pemkot Jogja Bahas Aturan Malioboro

Pemkot Jogja akan membahas penerapan aturan di Malioboro terkait PPKM level 3 saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Siswa SMA SMK Sleman Positif Covid-19 Dirawat di Isoter Jogja

Sebanyak 13 siswa SMA/SMK dari 20 siswa yang terpapar Covid-19 dirawat Isolasi Terpusat (Isoter) Asrama Haji Jogja.

Pemuda Bucin Maling & Jual Perabot Rumah Ortu Demi Traktir Pacar

Seorang pemuda di Bantul, DIY, nekat mencuri dan menjual perabot hingga genting rumah orang tuanya demi membahagiakan pacarnya.

Paman di Kulonprogo Cabuli Keponakan Saat Tidur, Beralasan Khilaf

Seorang paman di Kulonprogo mencabuli keponakannya yang masih di bawah umur saat korban tertidur di rumah pelaku.

Jika Terbukti Bersalah, Sanksi Menanti Pejabat Disdikpora Kulonprogo

Sanksi tegas disiapkan oleh Pemkab Kulonprogo kepada yang pejabat Disdikpora bila terbukti bersalah melakukan tindak korupsi GOR Cangkring.

Bupati Bantul Ingatkan Kolaborasi Tangani Covid-19 saat HKN ke-57

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengingatkan kolaborasi tenaga kesehatan dan semua elemen masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Bantul.

Waduh! 20 Siswa SMA SMK di Sleman Positif Covid-19

Hasil tracing Dinkes, sebanyak 20 siswa SMA/SMK di empat kapanewon (kecamatan), di Kabupaten Sleman terpapar Covid-19.

Salurkan Bantuan, Pemkab Bantul Dorong 386 KPM PKH Bangkit dari Krisis

Pemkab Bantul menyerahkan bantuan kewirausahaan sosial secara simbolis kepada 386 KPM PKH tahun 2021 agar kembali bangkit dari terpaan krisis akibat pandemi Covid-19.

Waduh, Kasus Covid-19 di DIY Hari Ini Bertambah 79 Orang

Bantul menjadi daerah penyumbang kasus covid-19 terbanyak di DIY hari ini dengan 37 kasus. Kemudian Sleman dengan 24 kasus.

Fasilitasi Lansia dan Disabilitas, BIN Kulonprogo Gelar Vaksinasi

Vaksinasi Covid-19 secara door to door oleh BIN Kulonprogo untuk memfasilitasi sejumlah warga khususnya lansia dan penyandang disabilitas.

Skrining Acak, Empat Siswa di Kota Jogja Positif Covid-19

Pemkot Jogja melaporkan empat siswa terpapar Covid-19 hasil skrining acak di sejumlah sekolah sejak awal pekan ini.