Waduh, Tingkat Keterisian Bed RS Rujukan Covid-19 Klaten Masih Tinggi Lur!

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) RS rujukan Covid-19 Kabupaten Klaten hingga awal pekan ini masih tinggi.

 Nakes di RSCH Klaten menata tempat tidur di salah satu ruangan yang bakal disiapkan untuk menambah kapasitas tempat tidur isolasi pasien Covid-19, Senin (2/8/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Nakes di RSCH Klaten menata tempat tidur di salah satu ruangan yang bakal disiapkan untuk menambah kapasitas tempat tidur isolasi pasien Covid-19, Senin (2/8/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) khusus pasien Covid-19 di rumah sakit atau RS wilayah Klaten masih tinggi. Angka BOR masih sekitar 95,7 persen.

Jumlah itu dari kapasitas 12 rumah sakit rujukan dan satu rumah sakit darurat Covid-19 dengan total 632 tempat tidur. “Berdasarkan update data pada Minggu malam, posisi keterisiannya 606 pasien. Untuk ICU dari total 66 tempat tidur terisi 60 pasien. Jadi BOR sekitar 95,7 persen,” kata Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, Senin (2/8/2021).

Ronny mengatakan meski angka tingkat keterisian bed RS Klaten masih di atas 90 persen, kondisi rumah sakit yang menangani kasus Covid-19 tak sepenuh ketika lonjakan kasus pada Juli lalu.

Baca Juga: Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Mulai Menurun, Tapi…

Ia memastikan sudah tak ada lagi antrean pasien Covid-19 di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit. “Sudah tidak ada lagi yang antre. Kondisinya sudah terurai setelah ada beberapa yang sudah masuk ke tempat isolasi terpusat. Selain angka kasus aktif juga menurun,” jelasnya.

Soal kebutuhan oksigen medis di rumah sakit, Ronny juga menjelaskan saat ini sudah stabil setelah ada gelontoran bantuan dari berbagai pihak. Ia mencontohkan di RSU PKU Muhammadiyah Prambanan yang menjadi RS darurat saat ini sudah dipasok 50 tabung oksigen medis.

Ronny mengatakan sesuai hasil rapat dengan pemerintah pusat, mengingat tingkat keterisian yang tinggi, kapasitas tempat tidur khusus pasien Covid-19 di RS rujukan Covid-19 termasuk Klaten diminta ditingkatkan.

Baca Juga: Cerita Kades Jetis Klaten Berburu Embun Pagi, Khasiatnya Dipercaya Percepat Penyembuhan Covid-19

50 Persen Kapasitas Bed Untuk Isolasi

Dari semula ditargetkan 40 persen dari total tempat tidur untuk pasien Covid-19, kini menjadi 50 persen dari jumlah total kapasitas. Pemkab segera membuat surat edaran menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat soal target 50 persen itu.

Instruksi itu berdasarkan hasil rapat virtual dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, akhir pekan lalu. Ronny mengatakan sebelum ada instruksi tersebut, ada rumah sakit yang sudah berkomitmen menyediakan 50 persen kapasitas bed isolasi.

Rumah sakit tersebut yakni Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten. Komitmen itu disampaikan rumah sakit melalui surat ditandatangani Direktur Utama RSCH Klaten, Netty Herawati, ditujukan ke Bupati Klaten tertanggal 27 Juli 2021.

Baca Juga: Siswa Jadi Yatim Piatu karena Ortu Meninggal Terpapar Covid-19, SMPN 1 Jogonalan Klaten Siapkan Bantuan

Sementara itu, Direktur Umum RSCH Klaten, Joko Susanto, membenarkan ada rencana penambahan kapasitas bed isolasi Covid-19 menjadi 50 persen. Angka itu dari jumlah total 100 tempat tidur pasien di RSCH.

Rencana penambahan kapasitas itu dilakukan dengan mengonversi bangsal umum menjadi bangsal khusus kasus Covid-19. “Saat ini kami sedang persiapkan. Kami tata ruangan sesuai standar untuk penanganan kasus Covid-19,” jelasnya.

Joko mengatakan tak ada kendala soal jumlah tenaga kesehatan seiring penambahan kapasitas bed khusus Covid-19. Namun, RSCH masih butuh pasokan oksigen medis tambahan. “Kami berharap ada back-up untuk memasok kebutuhan oksigen medis,” kata Joko.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

Kupas Tuntas Tema Populer Kesehatan dari Studio RS JIH Solo

RS JIH Solo membangun studio khusus untuk talkshow edukasi membahas tema-tema kesehatan dengan dokter-dokter ahli.

Laju Positif Sektor Pertanian Saat Pandemi, Ada Peran Pemerintah dan Generasi Milenial

Pertanian menjadi sektor yang memiliki laju positif karena peran pemerintah dan adanya keterlibatan generasi muda atau milenial dalam dunia pertanian.

Hujan Angin Terjang Girimarto Wonogiri, 1 Rumah Warga Rusak Parah

Satu rumah warga di Desa Jendi, Girimarto, Wonogiri, rusak parah akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang pada Jumat siang.

Keren! 9 Siswa SMP Wakili Sragen di Kompetisi Sains Nasional Tingkat Jateng

Sembilan orang siswa SMP bakal mewakili Kabupaten Sragen dalam ajang Kompetisi Sains nasional (KSN) untuk pada Oktober 2021 mendatang.

Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru Ditunda, GTT Wonogiri Malah Senang

Kalangan GTT senior di Kabupaten Wonogiri berharap penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK merupakan sinyal baik.

Perjuangan Atlet Difabel Panahan Wonogiri Menuju Peparnas Papua, Pernah Latihan Pakai Alat dari Bambu

Salah satu atlet Wonogiri, Arif Wirawan, 39, akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Paperanas) XVI Papua 2021. Ia akan bertanding di sektor Panahan kelas W2 (beregu open).

Ditunjuk Terapkan PeduliLindungi, 600-An Pekerja Pasar Klewer Solo Malah Belum Divaksin Covid-19

Ratusan pekerja dan pelaku kegiatan di Pasar Klewer Solo ternyata belum divaksin Covid-19 padahal ditunjuk Kemendag untuk menerapkan PeduliLindungi.

Perjuangkan Nasib Petani, Mahasiswa Soloraya Unjuk Rasa di Ngarsopuro Solo

Puluhan mahasiswa anggota BEM Soloraya menggelar aksi unjuk rasa menuntut pemerintah menyesaikan persoalan pertanian.

Ditanya Soal Duet dengan Ganjar di Pilpres 2024, Menko Airlangga: Masih Jauh Itu

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di acara haul Ki Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Jumat (24/9/2021)

Psywar ke AHHA PS Pati Berlanjut, Gibran: Sponsor Persis Solo Lebih Banyak sampai Jersey-ne Kebak

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melanjutkan psywar kepada AHHA PS Pati dengan menyebut sponsor Persis Solo lebih banyak.

Masjid Tertua di Sragen Ini Simpan Pusaka dari Raja Keraton Solo PB IV, Begini Ceritanya

Salah satu masjid tertua di Sragen yang terletak di Jetiskarangpung, Kalijambe, ternyata juga menyimpan pusaka pemberian Raja Solo.

Pengumuman PPPK Ditunda, Guru Honorer di Solo Pasrah

Guru honorer di Solo mengaku pasrah dengan adanya penundaan pengumuman seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Solo Tuan Rumah Liga 2 Grup C, Komisi X DPR: Jangan Sampai Jadi Klaster Baru!

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diingatkan agar berhati-hati dalam pelaksanaan pertandingan Liga 2 Tahun 2021 Grup C di Stadion Manahan.

Lokasi Perayaan Yaa Qowiyyu di Jatinom Klaten Ternyata Pernah Dipindah Lho...

Tradisi Yaa Qowiyyu yang digelar setiap bulan Sapar di Jatinom, Klaten, ternyata pernah dipindahkan ke tempat lain.

Bermodal Seragam Loreng, Warga Klaten Curi Aki Motor di Banmati Sukoharjo

Seorang warga Wonosari, Klaten, yang menyamar dengan memakai baju loreng mirip seragam TNI tepergok curi aki sepeda motor di Banmati, Sukoharjo.