Waduh, Seorang Karyawan Pabrik Garmen di Wonogiri Positif Covid-19
Ilustrasi penanganan virus corona (Covid-19). (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI -- Salah satu karyawan pabrik garmen di Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 Wonogiri.

Pasien berjenis kelamin perempuan, berinisial C, tersebut merupakan warga Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. Saat ini ia menjalani isolasi mandiri. Karena yang bersangkutan tidak mengalami gejala.

Perajin Batik Jarum Klaten Ini Pilih Jual Mobil Ketimbang Berutang Agar Produksi Tetap Berjalan

Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa, mengatakan berdasarkan tracing yang dilakukan, dimungkinkan pasien terpapar Covid-19 dari transmisi lokal. Karena tidak mempunyai riwayat perjalanan.

"Hasil tes swab keluar pada 25 September lalu. Yang bersangkutan mempunyai penyakit komorbid. Meski demikian ia masuk kategori orang tanpa gejala," kata dia kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (1/10/2020).

Pengunggah Kolase Ma'ruf Amin-Kakek Sugiono Ketua MUI di Tanjungbalai, Begini Tanggapan Istana Wapres

Ia mengatakan, berdasarkan hasil tracing Satgas Covid-19, ditemukan enam orang di tempat kerjanya yang melakukan kontak erat dengan pasien. Saat ini, enam orang tersebut tengah menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

"Upaya tracing dari pasien itu telah selesai, saat ini tinggal menunggu hasil tes dari orang yang melakukan kontak erat maupun sedang. Yang menjadi perhatian utama yakni orang yang satu kerjaan dengan pasien," kata dia.

Protokol Kesehatan

Dengan adanya kasus karyawan pabrik garmen yang positif Covid-19 itu, Edy mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati lagi saat melakukan aktivitas. Protokol kesehatan harus selalu diterpakan ketika bekerja maupun berativitas ke luar rumah.

"Yang terpapar ini kan bukan klaster perjalanan. Padahal sebagian besar kasus penambahan saat ini berasal dari klaster perjalanan. Maka kami imbau betul kepada masyarakat agar lebih hati-hati," kata Edy.

Dalang Kerusuhan Mertodranan Solo Tertangkap, Perannya Menyurvei dan Menghasut Massa

Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri pada Kamis, sebanyak 257 kasus, dengan kasus aktif sebanyak 32 orang. Rinciannya, 19 orang dirawat di rumah sakit, 13 orang menjalani isolasi mandiri. Pasien yang telah sembuh sebanyak 211 orang. Sedangkan pasien yang dinyatakan meninggal 14 orang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom