Waduh, Pertanian Klaten Diberi Rapor Merah oleh Kementerian Pertanian

Daerah Klaten memperoleh rapor merah dari Kementerian Pertanian (Kementan) terkait belum tecapainya target luas tanam di Kabupaten Bersinar sepanjang Januari 2019. Sejauh ini, luas tanam padi di Klaten baru mencapai 37 persen.

Waduh, Pertanian Klaten Diberi Rapor Merah oleh Kementerian Pertanian

SOLOPOS.COM - Warga mengeringkan padi di lantai jemur yang dikelola gabungan kelompok tani Desa Gempol, Kecamatan Karanganom, Klaten, beberapa waktu lalu/Solopos-Taufiq Sidik Prakoso

Solopos.com, KLATEN – Daerah Klaten memperoleh rapor merah dari Kementerian Pertanian (Kementan) terkait belum tercapainya target luas tanam di Kabupaten Bersinar sepanjang Januari 2019. Sejauh ini, luas tanam padi di Klaten baru mencapai 37 persen.

Penjabat (Pj) Upsus Pajale Klaten asal Kementan, Sukarman, mengatakan Klaten merupakan salah satu daerah yang memperoleh rapor merah terkait pemenuhan luas tanam sepanjang Januari 2019. Total daerah di Jateng yang memperoleh rapor merah mencapai enam daerah.

Luas tanam padi saat ini baru mencapai 4.500 hektare [37 persen]. Padahal, target bulan ini harus mencapai 12.500 hektare. Rapor merah ini terjadi karena jadwal tanam di Klaten yang mundur [menyusul mundurnya musim hujan di Klaten dari Oktober ke Januari,” katanya, saat ditemui wartawan di sela-sela Percepatan Tanam untuk Meningkatkan Produksi Padi di Pakisan, Cawas, Jumat (18/1/2019).

Sukarman mengatakan percepatan tanam padi di Kabupaten Bersinar menjadi satu-satunya opsi guna memenuhi target luas tanam hingga 100 persen hingga akhir Januari 2019. Para petani diharapkan dapat menerapkan sistem petuk, yakni langsung menyemai benih menjelang memasuki masa panen.

Setelah panen, langsung diolah lagi [tanahnya] agar dapat ditanami. Memang ada risiko, seperti munculnya wereng dan tikus. Untuk itu perlu diantisipasi lebih lanjut [memberdayakan posko] dan mengembangkan refugia di Klaten. Di samping itu, semoga tak ada lahan bera di Klaten. Dengan demikian, target diharapkan tercapai,” katanya.

Hal senada dijelaskan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten, Widiyanti. Penyebab belum tercapainya target luas tanam di Kabupaten Bersinar, yakni mundurnya jadwal musim hujan.

Luas tanam Oktober-Maret tahun 2018 mencapai 20.918 hektare. Turun sekitar 4.201 hektare dibandingkan waktu yang sama di tahun sebelumnya [tahun 2017]. Agar luas tanam dapat tercapai targetnya, bantuan alat mesin pertanian (alsintan) juga terus dilakukan ke petani,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Wadas Purworejo Gugat Ganjar Pranowo ke PTUN Terkait Pembangunan Bendungan Bener

Warga Wadas, Purworejo, merasa dirugikan dengan dikeluarkannya izin penetapan lokasi pengadaan tanah bagi pembangunan Bendungan Bener oleh Gubernur Ganjar Pranowo.

Ini Kegunaan PlasmaHub, Platform Digital Buatan ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS meluncurkan PlasmaHub untuk mempermudah warga mendonorkan plasma konvalesen

Ribuan Pekerja Hotel dan Restoran di Malang Dirumahkan

Hotel dan Restoran di Malang terpaksa merumahkan separuh dari total karyawan mereka untuk bisa bertahan sekaligus mematuhi aturan PPKM.

ITS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Kurban di Wonogiri, Ini Alasannya

Perayaan Hari Raya Iduladha 2021, ITS PKU Muhammadiyah Solo dilaksanakan di Dusun Joho, Desa Sambiharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogori

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Windy Cantika Sempat Gugup karena Persaingan Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Ketat

Windy Cantika sempat gugup karena para rival tampil tangguh hingga hanya berjarak tipis untuk total perolehan angkatan.

Ahsan/Hendra Awali Olimpiade Tokyo 2020 dengan Mudah

Ahsan/Hendra kemudian akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Senin (26/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Jogja akan menghabiskan dana senilai Rp20 miliar.

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.