SOLOPOS.COM - Ilustrasi nakes terpapar Covid-19. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SEMARANG – Kasus tenaga kesehatan (nakes) RSUD Cilacap yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 seusai melakukan kontak erat dengan anak buah kapal (ABK) Filipina yang datang dari India bertambah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah (Jateng), Yulianto Prabowo, menyebut ada tambahan 6 nakes yang turut menangani ABK asal Filipina yang datang dari India itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari hasil tracing kontak tanggal 26 Mei kemarin ada tambahan 6 orang. Jadi total nakes di RSUD Cilacap [yang terpapar Covid-19] jadi 53 orang,” ujar Yuliyanto saat menggelar jumpa pers secara virtual, Jumat (28/5/2021).

Baca juga: Corona India Masuk Jateng, 47 Nakes di Cilacap Ketularan?

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati demikian, Yulianto mengaku dari 53 nakes di Cilacap yang terpapar Covid-19 itu beberapa di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Sementara yang masih menjalani perawatan atau isolasi mencapai 18 orang. Ke-18 orang itu menjalani isolasi secara terpusat di dua rumah sakit.

“Yang masih isolasi di RS Prisilia [Medical Center] ada 8 orang. Sedangkan yang dirawat di RSUD Cilacap ada 10 orang. Sehingga total yang masih dirawat ada 10 orang,” tutur Yulianto.

Lebih lanjut Yuliyanto mengaku meski telah dinyatakan positif Covid-19, ke-53 nakes di Cilacap itu belum diketahui apakah terpapar Covid-19 varian baru dari India, B.1617.2.

Baca juga: Pemuda Gondol 29 Ponsel di Counter Handphone Banyumas

Tes Genome

Para nakes di Cilacap itu memang sudah menjalani pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) untuk mengetahui paparan varian baru dari India. Meski demikian, hasil pemeriksaan itu hingga kini masih diteliti di laboratorium milik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Sampai saat ini kita belum dapat laporan hasil tes genome-nya itu. Memang tesnya cukup lama untuk mengetahui varian baru itu. Bisa sepekan. Nanti, kami akan kontak lagi untuk mendapat informasi terkait pemeriksaan tersebut,” ujar Yulianto.

Para nakes di Cilacap itu terpapar Covid-19 setelah menjadi kontak erat dengan ABK asal Filipina yang datang dari India, 25 April lalu. Sebelumnya ada 42 nakes yang terpapar Covid-19. Namun setelah dilakukan tracing dan testing, jumlahnya terus bertambah.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya