Waduh Mak! Kasus Positif Covid-19 di Klaten Tambah 16
Ilustrasi Corona (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATEN – Ledakan kasus Covid-19 di Klaten belum mereda hingga, Sabtu (24/10/2020). Hal itu dibuktikan dengan adanya tambahan 16 kasus dengan satu orang meninggal dunia dalam sehari.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan satu pasien Covid-19 yang meninggal dunia berasal dari Delanggu. Pasien tersebut berinisial S, 63 (perempuan).

Sementara itu, 3 dari 16 tambahan kasus Covid-19 kali ini berawal dari screening tenaga kesehatan di pelayanan kesehatan di Klaten. Hal itu diketahui setelah dilakukan screening di Rumah Sakit Umum Pusat Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten dan Puskesmas II Jogonalan.

"Hasil screening nakes di RSST Klaten berinisial FM, 35 (laki-laki) asal Klaten Selatan. Sedangkan screening nakes di Puskesmas II Jogonalan, yakni SS, 52 (perempuan) asal Prambanan dan TY, 33 (perempuan) asal Klaten Tengah," kata Cahyono Widodo.

1 ASN Pemkab Klaten Meninggal Akibat Covid-19

Cahyono Widodo mengatakan penambahan belasan pasien positif Covid-19 lainnya berasal dari beberapa kecamatan di Klaten.

Perinciannya satu orang asal Kalikotes (S, 55/laki-laki); empat orang asal Prambanan (UP, 51/perempuan, YR, 15/laki-laki, S, 60/laki-laki, TS, 47/perempuan); dua asal Ngawen (IA, 12/laki-laki dan SS, 66/perempuan); dua asal Delanggu (IP, 68/perempuan dan BAH, 80/perempuan); seorang asal Klaten Utara (HH, 31/perempuan); seorang asal Polanharjo (BS, 61/laki-laki).

Belasan orang itu terpapar virus corona karena beberapa hal, seperti saat beraktivitas sehari-hari dan bekerja di Klaten. Saat beraktivitas di luar Klaten maupun kontak erat dengan kasus Covid-19 di waktu sebelumnya.

"Adanya kasus terkonfirmasi Covid-19 hasil screening nakes di RSST dan Puskesmas II Jogonalan, telah diambil langkah-langkah. Seperti melakukan isolasi mandiri bagi yang terkonfirmasi, melakukan koordinasi internal di Puskesmas; mapping jumlah nakes dan tracing yang kontak erat, serta melakukan penyemprotan disinfektan," katanya.

2 Penangkap Maling Sepeda di Klaten Ditahan, Pengacara Minta Ini

Pasien Sembuh

Cahyono Widodo mengatakan di Klaten juga terdapat lima pasien terkonfirmasi Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Hal itu, seperti dari Karangdowo (JW, 53/laki-laki), Cawas (CPW, 25/perempuan), Kalikotes (RNA, 31/perempuan), dua orang asal Klaten Utara (GAF, 26/laki-laki dan AR, 24/perempuan).

Pasien sembuh asal Karangdowo, Cawas, dan Kalikotes terkonfirmasi sejak 15 Oktober 2020. Sedangkan, dua pasien sembuh asal Klaten Utara terkonformasi sejak 5-6 Oktober 2020.

Terapi Plasma, Cara Alternatif Penyembuhan Pasien Covid-19

Seluruh pasien sembuh telah menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis. Hasil pemeriksaan terakhir, kelima pasien dinyatakan sembuh. Meski sembuh, kelimanya tetap diminta menjalani isolasi mandiri minimal hingga tujuh hari mendatang.

"Jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi Covid-19 di Klaten mencapai 815 orang. Sebanyak 108 orang menjalani perawatan di RS/menjalani isolasi mandiri. Sebanyak 679 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 28 orang meninggal dunia," kata Cahyono Widodo.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom