Waduh! Mahasiswa S2 Kampus UGM Dituduh Lakukan Kekerasan Seksual

Seorang mahasiswa program pascasarjana atau S2 di Kampus UGM Yogyakarta dilaporkan telah melakukan kekerasan seksual.

 Ilustrasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (ugm.ac.id)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (ugm.ac.id)

Solopos.com, SLEMAN — Seorang mahasiswa pascasarjana atau program S2 di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dituding telah melakukan kekerasan seksual. Tudingan kekerasan seksual itu disampaikan Laskar Mahasiswa Republik Indonesia (Lamri) kepada pihak otoritas kampus.

Mahasiswa yang saat ini menjalani program S2 di UGM itu diduga telah melakukan kekerasan seksual saat masih berkuliah di Surabaya. Saat ini, mahasiswa yang diduga melakukan tindak kekerasan seksual itu menjalani program S2 di kampus UGM di Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

PromosiDemak, Konon Kota Pelabuhan Terkaya di Jalur Sutra Pesisir Jawa

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani, menjelaskan laporan dari Lamri itu masuk pada 3 November lalu dan sudah direspons melalui rapat pimpinan kampus. “Kemudian 8 November kami berikan surat kepada Fakultas Ilmu Budaya [FIB], hasil dari rapat pimpinan,” ujar Iva, Senin (15/11/2021).

Baca juga: Ini Alasan Menteri Nadiem Terbitkan Permen Kekerasan Seksual di Kampus

Surat tersebut berisi instruksi untuk membentuk tim dan mendalami kasus kekerasan seksual ini. SA merupakan mahasiswa magister FIB UGM, yang sebelumnya kuliah S1 di Surabaya. Waktu masih di Surabaya, sekitar tahun 2018, SA diduga melakukan kekerasan seksual.

Sampai saat ini kata dia, belum ada laporan langsung dari korban. Laporan hanya berasal dari Lamri. Pihak UGM juga belum mendapatkan identitas penyintas atau korban. Oleh karenanya, pendalam kasus ini akan digali lebih dalam untuk mendapatkan data dan informasi terkait dugaan tindak kekerasan seksual yang dilakukan mahasiswa S2 di Kampus UGM Yogyakarta itu.

Iva menyatakan UGM berkomitmen terhadap penanganan kekerasan seksual dan perlindungan penyintas atau korban. “UGM sudah membuat SK Rektor No. 1/2020 tentang Penanganan Tindakan Kekerasan dan Pelecehan Seksual di lingkungan kampus. Sudah berjalan, ada beberapa yang kami tindak tegas sejak 2020. Sudah diproses dan mendapat sanksi tegas,” imbuhnya.

Di UGM saat ini sudah dibentuk Unit Layanan Terpadu (ULT) khusus untuk menangani kekerasan seksual. Tidak hanya mengusut kasus dan memberikan sanksi kepada pelaku, tim ini juga memfasilitasi kebutuhan penyintas.

Baca juga: Pengin Kuliah Kedokteran di UGM? Ini Perkiraan Biaya

“Misalnya perlu penanganan psikologi, kami siapkan. Perlu penanganan kesehatan, medis, keamanan, UGM siapkan juga rumah aman. Kalau perlu pendamping hukum, tim hukum UGM siap mendampingi. Apapun yang diperlukan penyintas kami langsung support sebagai penanganan awal,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Atasi Kemacetan, Jalanan di Jogja Diusulkan Jalur Searah Semua, Setuju?

Kalangan DPRD Kota Jogja mengusulkan jalanan di Kota Jogja diubah menjadi jalur searah semua untuk mengatasi kemacetan.

Terekam CCTV, Spesialis Maling Gabah di Kulonprogo Diringkus

Spesialis pencurian gabah di Kulonprogo diringkus aparat polisi setelah terekam kamera CCTV.

Diduga Terjangkit Hepatitis Akut, Bayi asal Jateng Dirawat di DIY

Bayi berusia satu tahun tiga bulan asal Jawa Tengah (Jateng) diduga terjangkit hepatitis akut dan telah dirawat di sebuah rumah sakit di Sleman, DIY.

Prakiraan Cuaca BMKG: Awal Juni, Seluruh Wilayah DIY Masuk Kemarau

BMKG Yogyakarta memprakirakan musim kemarau di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY akan mulai tiba awal Juni 2022.

Rekor! Jumlah Wisatawan di Kulonprogo pada Mei Tertinggi Selama 2022

Jumlah pengunjung tempat wisata di Kulonprogo, DI Yogyakarta, pada Mei ini menjadi yang terbanyak selama 2022.

Belum Bisa Mandiri, Biaya Pengelolaan TBG Masih Andalkan Danais DIY

Biaya operasional dan pemeliharan Taman Budaya Gunungkidul masih mengandalkan Dana Keistimewan DIY.

Dituduh Bermasalah, Ombudsman DIY Panggil Pemenang Lelang TPA Piyungan

Kantor Perwakilan Ombudsman RI (ORI) Daerah Istimewa Yogyakarta memanggil perwakilan perusahaan yang menang lelang proyek TPA transisi Piyunagn yang dituduh bermasalah.

Pembangunan Tol Jogja Diprediksi Tak Bisa Rampung pada 2024, Kenapa?

Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X memperkirakan pembangunan jalan tol di wilayah DIY tak bisa rampung pada 2024.

Pekan Ini Ada Atraksi Menarik di Kaliurang Sleman,Tertarik Menyaksikan?

Pada libur panjang pekan ini akan ada atraksi menarik berupa Tari Beksan Wanara Satus Kethek Mudun di Kaliurang, Kabupaten Sleman.

Wow! Wajah Baru Pasar Beringharjo, Diubah Seperti saat Zaman Belanda

Pasar Beringharjo kini memiliki tampilan baru, yakni warna fasad bangunan pasar itu dikembalikan seperti pada zaman dahulu.

Pamit Beli Tepung, Seorang Pemuda Ditemukan Meninggal di Embung UII

Seorang pemuda berusia 20 tahun ditemukan tak bernyawa di Embung UII, Kabupaten Sleman.

Haul Ke-32 Affandi, Mengenang Maestro Seni Lukis yang Mendunia

Affandi memiliki jasa besar terhadap dunia seni lukis di Indonesia, untuk mengenangnya sejumlah tokoh seni menggelar Haul ke-32 Affandi.

Razia Peredaran Ciu Digencarkan Usai 3 Pria Sleman Tewas Tenggak Miras

Petugas kepolisian menangkap seorang warga yang menjual minuman keras jenis ciu di Kalurahan Tegaltirto, Kapanewon Berbah, Sleman, DI Yogyakarta.

Waduh, Jalan di Kalirejo yang Kelongsoran Baru Bisa Dibuka 5 Hari Lagi

Jalan di Dusun Plampang II, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, DI Yogykarta, masih tertutup material longsoran pada Minggu (22/5/2022).

PAN Sleman Buka Pendaftaran Caleg, Minat?

DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sleman membuka pendaftaran caleg.