SOLOPOS.COM - Ilustrasi longsor (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Keberadaan relawan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) di Kulonprogo sampai saat ini ternyata masih sangat minim. Hanya ada 90 personel relawan bencana yang tersebar di seluruh penjuru Bumi Menoreh. Padahal wilayah ini memilik potensi bencana yang cukup kompleks.

Kepala Seksi Bantuan Sosial Korban Bencana Tagana Wilayah DIY mengungkapkan, efektifnya Kulonprogo harus memiliki 200 personel yang disiagakan secara merata di semua wilayah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tapi tampaknya sulitnya pengkaderan membuat upaya penambahan personel masih menjadi kendala utama. Menurut dia, saat ini susah untuk menggugah masyarakat secara sukarela mau terjun menjadi relawan bencana. Apalagi relawan Tagana tidak mendapatkan gaji.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dengan kondisi wilayah rawan bencana seperti di Kulonprogo ini maka 90 personel Tagana jelas kurang efektif. Tapi memang meyakinkan masyarakat untuk sukarela menerjunkan diri ke kegiatan sosial seperti dalam Tagana itu susah,” ujarnya saat ditemui wartawan dalam acara stimulasi evakuasi bencana tanah longsor yang berlangsung di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Minggu (10/11).

Selanjutnya dia juga mengungkapkan, krisis Tagana tidak hanya terjadi di Kulonprogo. Sigit menyatakan jumlah personel Tagana se-DIY ini juga sangat terbatas.

Menurut dia, setidaknya harus ada 2.000 personel Tagana untuk siap siaga di seluruh penjuru DIY. Kulonprogo kekurangan sekitar 1.100 Tagana.

Ketua Seksi Kesejahteraan Sosial Tagana Wilayah Samigaluh, Sutarto menambahkan, di wilayahnya cuma memiliki sembilan personel Tagana yang aktif. Padahal wilayah Samigaluh memiliki potensi cukup besar seringnya terjadi tanah longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya