SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona atau covid-19 (Freepik)

Solopos.com, KLATEN – Kasus Covid-19 di Kecamatan Klaten Selatan menjadi yang tertinggi di Kabupaten Klaten dalam tiga hari terakhir. Satgas setempat pun gencar menggelar patroli malam guna mengedukasi masyarakat agar selalu disiplin menaati protokol kesehatan.

Patroli sekaligus sosialisasi pentingnya menaati protokol kesehatan harus rutin dilakukan di tengah meledaknya kasus Covid-19 di Klaten Selatan. Demikian penjelasan Pelaksana Tugas (PLt) Camat Klaten Selatan, Endang Sinungsih Ediati, kepada Solopos.com, Selasa (6/7/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana diketahui, kasus Covid-19 di Klaten Selatan paling tinggi di Kabupaten Bersinar, dalam tiga hari terakhir. Hal itu sejak, Sabtu (3/7/2021), yakni mencapai 346 orang; Minggu (4/7/2021) mencapai 365 orang; dan Senin (5/7/2021) mencapai 384 orang.

Baca Juga: Ini 4 Lokasi Penyekatan di Wonogiri Selama PPKM Darurat

“Semua desa di tempat kami zona merah Covid-19 [12 desa]. Adanya kenaikan yang signifikan di Klaten Selatan ini karena hasil swab antigen reaktif sudah dianggap positif Covid-19. Makanya, kami akan terus menggencarkan patroli malam [penegakan protokol kesehatan di tengah masyarakat],” kata Endang Sinungsih Ediati, kepada Solopos.com, Selasa (6/7/2021).

Endang Sinungsih Ediati mengatakan koordinasi dengan seluruh Satgas PP Covid-19 di tingkat desa terus ditingkatkan. Masing-masing Satgas PP Covid-19 di tingkat desa diminta rutin mengedukasi masyarakat bahwa virus corona benar-benar nyata.

“Kasus Covid-19 yang muncul sebagian besar karena kontak erat. Makanya, kami minta ke setiap keluarga harus panda menjaga diri. Taati seluruh protokol kesehatan. Mari sama-sama menjalankan hal itu,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, di Pemkab Klaten, jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar terus naik hingga, Senin (5/7/2021). Jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten telah menembus angka 17.450 kasus.

Baca Juga: Karena Pandemi, Kemiskinan di Sragen Jadi yang Tertinggi di Soloraya

“Sebanyak 5.515 orang menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 10.997 orang dinyatakan telah sembuh. Sebanyak 938 orang telah meninggal dunia,” kata Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo.

Kepala Satpol PP Klaten, Joko Hendrawan, mengatakan patroli penegakan protokol kesehatan akan terus dilakukan di Kabupaten Bersinar. Terlebih saat ini berlangsung PPKM darurat, 3-20 Juli 2021. “Kami lakukan patroli terus. Termasuk hari Sabtu dan Minggu [di Klaten ada imbauan agar warga stay at home saat Sabtu dan Minggu],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya