SOLOPOS.COM - Ilustrasi breaking news Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, CILACAP -- Satu unit kapal asing yang membawa gula rafinasi dari India bersandar di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jateng pada 25 April lalu. Kapal tersebut memiliki 20 anak buah kapal (ABK), 13 di antaranya dinyatakan positif Covid-19.

"Pada tanggal 14 April 2021, kapal bermuatan gula rafinasi bertolak dari India. Tiba di Cilacap pukul 16.00 WIB pada tanggal 25 April 2021. Kemudian dilakukan pemeriksaan kekarantinaan kesehatan oleh petugas KKP Kelas II Cilacap," kata Sekda Cilacap, Farid Ma'ruf, kepada wartawan di Cilacap, Jumat (7/5/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapal tersebut berasal dari Filipina. Semua ABK nya pun berasal dari Filipina. Selanjutnya para awak kapal menjalani tes PCR, dan sampelnya dikirim ke RS Pertamina Cilacap (RSPC). Pemkab Cilacap menerima hasil pemeriksaan PCR ABK kapal itu pada 26 April 2021. Sebanyak 13 orang ABK dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: Covid-19 di India, Diduga Frustasi Tangani Pasien Dokter Bunuh Diri

Selama menunggu hasil pemeriksaan laboratorium PCR, lanjut Farid, semua ABK menjalani isolasi mandiri di kapalnya. Lalu pada tanggal 30 April, ABK yang positif Corona tersebut dievakuasi ke RSUD Cilacap.

Selanjutnya, kapal itu melakukan kegiatan bongkar muatan di Dermaga IV Tanjung Intan Cilacap, dengan pengawasan petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Kelas IIA Cilacap pada 1-4 Mei 2021.

"Tanggal 5 Mei, pihak RSUD Cilacap memberikan informasi salah satu pasien rujukan kapal dalam kondisi tidak stabil dan harus dilakukan pemantauan lebih intensif. Sedangkan terhadap tenaga bongkar muat dan petugas pengawas sebanyak 49 orang sudah dilakukan rapid test antigen menunjukkan hasil negatif," jelasnya.

Baca Juga: Pertama di Dunia, India Cetak Rekor 400.000 Kasus Harian Covid-19

"Kami juga memfasilitasi untuk terapi plasma konvalesen dan stemcell bagi ABK positif bergejala berat dan melakukan sterilisasi kapal," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya