SOLOPOS.COM - Jane Shalimar. (Detik)

Solopos.com, SOLO–Jane Shalimar kembali memasuki fase kritis dalam menjalani perawatan Covid-19. Ibu satu anak itu bahkan sudah dipasangi ventilator untuk membantu pernapasannya.

Kondisi Jane Shalimar yang kembali kritis itu dibagikan dokter yang merawatnya, Dokter GD. Dokter yang merupakan dokter dari Partai Demokrat itu mengirimkan pesan singkat mengenai Jane Shalimar yang kembali kritis.  Menurut dokter GD, Jane Shalimar mengalami kondisi sulit bernapas karena mengalami dua penyakit berbarengan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jane Shalimar mengalami Pnemonia bilataral [kedua paru-parunya] dan pneumonia berat spesifik Covid-19,” tulis dokter GD seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: Ini Alasan Iis Dahlia Mau Tampil Julid di Acara Televisi Bergimik

Dokter GD menambahkan, Jane Shalimar harus menggunakan ventilator untuk membantu pernapasannya. Kondisi paru-paru Jane Shalimar sudah dalam tahap berkabut.

“Pneumonia berat Specifik Covid-19, dengan perluasan awan dan infiltrat [kabut putih] di kedua paru parunya,” papar dokter GD menguraikan kondisi Jane Shalimar yang kembali kritis.

Sebelumnya Jane mendapatkan bantuan oksigen melalui selang setelah diputuskan mendapat tindakan menggunakan NRM 15 liter per menit. Namun, upaya mengangkat tingkat oksigen di dalam tubuh Jane tersebut tak berhasil sesuai perkiraan.

“Dan tindakan akhir adalah ventilator,” katanya lagi.

Prosedur medis darurat untuk memberikan bantuan pernapasan sebelumnya juga sudah dilakukan. Namun, kondisi Jane Shalimar yang memiliki riwayat sakit asma bertambah parah karena baru diketahui mengidap pneumonia berat. Kondisi Jane Shalimar kembali kritis tersebut diketahui dari hasil laboratorium dan diagnostik rontgen thorax.

Baca Juga: Waspada! Tingkat Penularan Varian Delta Hampir 100 Persen pada Klaster Keluarga

“Sebelumnya akan diintubasi agar pasien knock down dalam kondisi sedasi. Kesimpulan, pneumonia berat specific Covid-19 dengan kondisi akut high risk,” katanya.

Pada Selasa (29/6/2021), sebelum kembali kritis, Jane Shalimar dikabarkan menunjukkan perkembangan yang baik. Mantan istri Arsya Wijaya itu sudah sadar dan mulai bisa diajak komunikasi.

Hal itu disampaikan adik dari Jane Shalimar, Karina,  melalui pesan singkat pada wartawan pada Selasa (29/6/2021). Dari penuturannya, Jane Shalimar sudh lewat masa kritis dan kini sudah dipindah ke Rumah Sakit JMC, kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

“Kondisi Ka Jane S. per Selasa, 29 Juni 2021 sudah mendapatkan ruangan di IGD RS JMC Buncit. Sudah mulai bisa diajak berkomunikasi,” kata Karina.

Diberitakan sebelumnya, Jane Shalimar sempat kesulitan mendapatkan perawatan medis yang memadai karena lonjakan pasien Covid-19 di beberapa rumah sakit. Beruntung, Jane Shalimar saat ini tengah menunggu antrian untuk masuk ke ruangan IGD RS JMC, Jakarta Selatan.

“Saturasi 80-90 dengan bantuan oksigen. Status saat ini masih menunggu giliran ICU dengan antrian nomor satu,” terang Karina.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya