Waduh, Indeks Literasi Jateng Masuk 10 Besar Terendah di Indonesia

Indeks Literasi Jateng Masuk 10 Besar Terendah di Indonesia. Dari 34 Provinsi, indeks literasi Jateng menduduki peringkat 25 atau berada di level rendah.

 Istimewa

SOLOPOS.COM - Istimewa

Solopos.com, SOLO — Jawa Tengah menjadi salah satu lokasi pelaksanaan bimbingan teknis pemberdayaan komunitas literasi, Rabu (13/10/2021). Diharapkan ke depan indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) di Jawa Tengah bisa lebih baik.

Berdasarkan indeks Alibaca yang diluncurkan 2019 lalu, Jawa Tengah masuk daftar 10 provinsi dengan indeks Alibaca terendah di Indonesia.

Berdasarkan indeks tersebut, dari 34 provinsi di Indonesia, sembilan provinsi masuk dalam kategori aktivitas literasi sedang, 24 provinsi masuk kategori rendah dan satu provinsi masuk kategori sangat rendah.

Baca Juga: Ini Cara Balai Bahasa Jateng Ajak Generasi Muda Melek Literasi Digital

Hal itu menunjukkan sebagian besar provinsi di Indonesia berada pada level aktivitas literasi rendah dan tidak satu pun provinsi termasuk ke dalam level aktivitas literasi tinggi.

Jawa Tengah merupakan satu dari 24 provinsi yang berada di level rendah tersebut.

“Latar belakang kegiatan bimbingan teknis untuk komunitas literasi ini adalah adanya hasil penelitian tentang indeks Alibaca di 34 provinsi tersebut,” kata Ketua Panitia Kegiatan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, Rabu.

Baca Juga: Omah Buku Nawala, Perpustakaan Konsep Outdoor Untuk Literasi Anak Muda

Kegiatan pembimbingan di Jawa Tengah atau Jateng digelar di Hotel Novotel, Solo. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara bergilir di sejumlah provinsi dengan sasaran 50 peserta mewakili 50 komunitas literasi di masing-masing provinsi.

“Harapannya para pegiat literasi di komunitas literasi di Indonesia dapat memberdayakan masyarakat di sekitarnya untuk giat berliterasi. Lokasi sasaran kami ada di 10 provinsi dengan peringkat terbawah,” kata dia.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mendorong provinsi yang ada di peringkat bawah untuk lebih baik lagi ke depannya dalam hal indeks literasi.

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa Jateng Belajar Literasi Berita Bareng AMSI

Output dari kegiatan itu di antaranya adalah membantu para pegiat literasi agar bisa menyusun program kegiatan yang kreatif dan rekreatif di komunitasnya. Sekaligus menjalankan manajemen yang bagus di komunitasnya.

Materi pembimbingan di antaranya tentang manajemen dan penguatan pengelolaan komunitas literasi, praktik menyusun program kegiatan, cerdas dan bijak berdigital, menangkal hoaks, membaca dan menulis untuk kecakapan hidup, pembelajaran literasi dasar di komunitas, membaca nyaring dan sebagainya.

Berikut Indeks Alibaca Provinsi menurut peringkat dari tinggi ke rendah
1. DKI Jakarta
2. DIY
3. Kep. Riau
4. Kalimantan Timur
5. Bali
6. Kalimantan Utara
7. Kep. Bangka Belitung
8. Banten
9. Sulawesi Utara
10. Jawa Barat
11. Sulawesi Selatan
12. Riau
13. Sumatera Barat
14. Bengkulu
15. Jambi
16. Kalimantan Selatan
17. Sumatera Selatan
18. Sumatera Utara
19. Gorontalo
20. Sulawesi Tenggara
21. Aceh
22. Kalimantan Tengah
23. NTB
24. Maluku
25. Jawa Tengah
26. Jawa Timur
27. Sulawesi Barat
28. Sulawesi Tengah
29. Maluku Utara
30. Lampung
31. NTT
32. Kalimantan Barat
33. Papua Barat
34. Papua

Sumber: Indeks Alibaca


Berita Terkait

Berita Terkini

Muncul Klaster Covid-19 di Sekolah Solo, Tes Acak bakal Diperluas

Satgas Penanganan Covid-19 Solo bakal memperluas tes acak di sekolah lain yang menyelenggarakan PTM untuk antisipasi dini klaster penularan virus corona.

Peringatan Maulid Nabi ala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen

Siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menulis sosok kisah Nabi Muhammad dan akan membukukan karya murid tersebut.

Tak Ada Temuan Siswa Positif Covid-19 saat PTM di Sragen

Disdikbud Sragen mengusulkan menambah durasi jam pelajaran untuk PTM yang semula tiga jam menjadi empat jam/hari untuk mengejar ketertinggalan materi.

Keren, STT Warga Vaksinasi Ribuan Warga Sukoharjo

STT Warga mendapat apresiasi dari Polres Sukoharjo karena membantu percepatan vaksinasi Covid-19, tidak hanya warga kampus tapi juga masyarakat umum.

Pemkab Wonogiri Atur Strategi Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Akhir Tahun

Selain masalah kesehatan, Pemkab Wonogiri perlu memperhatikan aspek ekonomi, pendidikan, budaya, dan sosial.

Event Pameran Dongkrak Transaksi Solo Great Sale 2021

Penyelenggaraan event pameran seperti Ekraf Mart 2021 dan BUMN-UMKM Great Sale 2021 turut mendongkrak transaksi Solo Great Sale.

PTM SMA/SMK di Wonogiri Pedomani Prosedur Provinsi

Di Kabupaten Wonogiri ada empat SMA yang sudah pernah menggelar uji coba, yakni SMAN 1-3 Wonogiri dan SMAN 1 Wuryantoro.

Rock in Solo Digelar Indoor, Down for Life Dipastikan Tampil

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan event Rock In Solo 2021 akan digelar Indoor namun masih merahasikan lokasinya.

Ketemu Atta Halilintar Seusai Laga PSG Pati Vs PSIM, Gibran Bilang Gini

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ketemu Atta Halilintar seusai pertandingan AHHA PS Pati vs PSIM Jogja di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Ingin Toilet Umum Sebersih di Hotel, Ini Langkah The Sunan Hotel Solo

Toilet umum seringkali menjadi titik lemah dari kawasan pariwisata. Padahal toilet memiliki pengaruh yang cukup besar bagi citra pariwisata daerah.

Muncul Klaster Covid-19, Aturan PTM di Sekolah Solo Berubah?

Pemkot Solo menerbitkan SE Wali Kota terbaru tentang PPKM level 2 yang berlangsung mulai 19 Oktober hingga 1 November, aturan PTM berubah?

Bos Arisan Online asal Mojolaban Sempat Ngumpet di DIY Sebelum Terciduk

Ibu rumah tangga asal Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, yang menjadi pelaku penipuan berkedok arisan online sempat sembunyi di Sleman, DIY.

AHHA PS Pati Kalah Lagi, Reaksi Atta Halilintar di Luar Dugaan

Klub AHHA PS Pati atau PSG Pati kembali menelan kekalahan melawan PSIM Jogja dalam laga lanjutan kompetisi Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Polisi Wonogiri pun Dilatih Berkendara yang Aman

Polisi yang sudah dilatih diminta melatih warga di wilayah tugas masing-masing untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

Klaten Hari Ini: 19 Oktober 2013, Diler Terbakar, 13 Motor Hangus

Delapan tahun lalu, 13 sepeda motor hangus dalam insiden kebakaran sebuah diler yang ada di Sutran, Bolali, Wonosari, Klaten ludes dilalap api, Jumat (18/10/2013) malam.