SOLOPOS.COM - Istimewa

Solopos.com, SOLO — Jawa Tengah menjadi salah satu lokasi pelaksanaan bimbingan teknis pemberdayaan komunitas literasi, Rabu (13/10/2021). Diharapkan ke depan indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) di Jawa Tengah bisa lebih baik.

Berdasarkan indeks Alibaca yang diluncurkan 2019 lalu, Jawa Tengah masuk daftar 10 provinsi dengan indeks Alibaca terendah di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan indeks tersebut, dari 34 provinsi di Indonesia, sembilan provinsi masuk dalam kategori aktivitas literasi sedang, 24 provinsi masuk kategori rendah dan satu provinsi masuk kategori sangat rendah.

Baca Juga: Ini Cara Balai Bahasa Jateng Ajak Generasi Muda Melek Literasi Digital

Hal itu menunjukkan sebagian besar provinsi di Indonesia berada pada level aktivitas literasi rendah dan tidak satu pun provinsi termasuk ke dalam level aktivitas literasi tinggi.

Jawa Tengah merupakan satu dari 24 provinsi yang berada di level rendah tersebut.

“Latar belakang kegiatan bimbingan teknis untuk komunitas literasi ini adalah adanya hasil penelitian tentang indeks Alibaca di 34 provinsi tersebut,” kata Ketua Panitia Kegiatan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, Rabu.

Baca Juga: Omah Buku Nawala, Perpustakaan Konsep Outdoor Untuk Literasi Anak Muda

Kegiatan pembimbingan di Jawa Tengah atau Jateng digelar di Hotel Novotel, Solo. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara bergilir di sejumlah provinsi dengan sasaran 50 peserta mewakili 50 komunitas literasi di masing-masing provinsi.

“Harapannya para pegiat literasi di komunitas literasi di Indonesia dapat memberdayakan masyarakat di sekitarnya untuk giat berliterasi. Lokasi sasaran kami ada di 10 provinsi dengan peringkat terbawah,” kata dia.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mendorong provinsi yang ada di peringkat bawah untuk lebih baik lagi ke depannya dalam hal indeks literasi.

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa Jateng Belajar Literasi Berita Bareng AMSI

Output dari kegiatan itu di antaranya adalah membantu para pegiat literasi agar bisa menyusun program kegiatan yang kreatif dan rekreatif di komunitasnya. Sekaligus menjalankan manajemen yang bagus di komunitasnya.

Materi pembimbingan di antaranya tentang manajemen dan penguatan pengelolaan komunitas literasi, praktik menyusun program kegiatan, cerdas dan bijak berdigital, menangkal hoaks, membaca dan menulis untuk kecakapan hidup, pembelajaran literasi dasar di komunitas, membaca nyaring dan sebagainya.

Berikut Indeks Alibaca Provinsi menurut peringkat dari tinggi ke rendah
1. DKI Jakarta
2. DIY
3. Kep. Riau
4. Kalimantan Timur
5. Bali
6. Kalimantan Utara
7. Kep. Bangka Belitung
8. Banten
9. Sulawesi Utara
10. Jawa Barat
11. Sulawesi Selatan
12. Riau
13. Sumatera Barat
14. Bengkulu
15. Jambi
16. Kalimantan Selatan
17. Sumatera Selatan
18. Sumatera Utara
19. Gorontalo
20. Sulawesi Tenggara
21. Aceh
22. Kalimantan Tengah
23. NTB
24. Maluku
25. Jawa Tengah
26. Jawa Timur
27. Sulawesi Barat
28. Sulawesi Tengah
29. Maluku Utara
30. Lampung
31. NTT
32. Kalimantan Barat
33. Papua Barat
34. Papua

Sumber: Indeks Alibaca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya