SOLOPOS.COM - Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, SOLO -- Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan dua pasien positif Covid-19 yang meninggal pada Minggu (30/8/2020) menambah persentase tingkat kematian atau case fatality rate disingkat CFR di Solo menjadi 4,5%.

Angka tersebut lebih tinggi dari CFR nasional yang berada di angka 4,3% dan CFR dunia 3,4%. Kendati begitu, positivity rate Solo masih berada di bawah 5% sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data per 26 Agustus, jumlah spesimen yang diambil mencapai 8.825, sedangkan angka positifnya 376. Dengan demikian persentasenya sekitar 4,2%.

1.082 Orang Ikut Tes SKB Seleksi CPNS Solo 17-20 September, Catat Lokasinya!

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo mencatat dua pasien meninggal yang menambah tingkat kematian pada Minggu (30/8/2020). Dengan tambahan ini, dari kumulatif kematian 15 orang pada Sabtu, bertambah menjadi 17 orang pada Minggu.

Ketua Pelaksana Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, mengatakan kedua pasien yang meninggal pada Minggu semuanya laki-laki. Satu pasien umur 67 tahun asal Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon.

Dia memiliki komorbid penyakit jantung. Sedangkan pasien kedua, pria usia 48 tahun asal Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan. Dia punya komorbid diabetes melitus (DM).

Tambah 2 Lagi Pasien Covid-19 Solo Meninggal Dunia, Total Jadi 17 Orang

Penambahan Setiap Hari

"Mereka adalah pasien suspek yang naik kelas jadi kasus konfirmasi, kemudian meninggal dunia. Jadi, sebelum meninggal dunia, hasil uji swabnya dinyatakan positif Covid-19 dan sempat dirawat inap beberapa hari,” ungkap Ahyani.

Sementara itu dari total 376 kasus konfirmasi positif Covid-19 hingga Minggu, sebanyak 18 pasien masih rawat inap, 17 isolasi mandiri, 324 sembuh. Sedangkan 17 orang meninggal dunia yang membuat tingkat kematian Covid-19 Solo 4,5%.

Pilkada Solo 2020 Di Tengah Pandemi Covid-19, Beringin Center Lakukan Ini Untuk Tekan Angka Golput

Dengan penambahan kasus positif Covid-19 Solo yang terjadi hampir setiap hari, ada 18 pasien yang saat ini masih yang dirawat inap. Mereka tersebar di sejumlah rumah sakit yang menyediakan kamar isolasi.

“Kalau warga Solo yang dirawat hanya 18 orang, sedangkan totalnya ada 70 pasien yang dirawat di Solo. Sebanyak 52 pasien itu merupakan rujukan dari daerah lain,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (30/8/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya