SOLOPOS.COM - Ilustrasi Dieng Culture Festival. (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Penyelenggaraan Dieng Culture Festival (DCF) 2024 terancam mundur dari jadwal yang telah ditetapkan. Hal itu menyusul belum adanya kepastian jadwal selesainya proyek penataan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

Ketua Podarwis Dieng Pandawa, Alif Faozi, selaku panitia penyelenggara Dieng Culture Festival, mengatakan saat ini pihaknya belum bisa memastikan jadwal penyelenggaraan DCF yang telah memasuki tahun ke-14 itu. Meski demikian, ia mengaku jika sempat merencanakan DCF ke-14 digelar pada 23-25 Agustus 2024.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

“Tetapi tergantung situasi dan kondisi juga. Apakah nanti diundur atau tidak, akan kami analisis dulu, karena kami sebenarnya melihat juga proses pembangunan [penataan Dieng] selesai tepat waktu apa enggak,” ujar Alif dilansir laman berita Antara, Selasa (30/4/2024).

Oleh karenanya, Pokdarwis Dieng Pandawa pun akan berkoordinasi lebih dulu dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara dan pelaksana pembangunan di Dieng untuk memastikan kapan selesainya proyek tersebut.

Ia mengatakan pihaknya akan segera membuat jadwal penyelenggaraan DCF XIV yang pasti jika mendapat kepastian proyek penataan Kawasan Dieng sudah selesai pada bulan Agustus 2024.

Namun, jika proyek tersebut belum selesai hingga bulan Agustus, penyelenggaraan Dieng Culture Festival dipastikan akan diundur dari jadwal yang direncanakan sebelumnya.

“Semoga kami bisa segera memastikan jadwal kegiatan DCF XIV sebelum pertengahan bulan Mei, karena dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah [Pemprov Jateng] juga sudah menanyakan,” kata Alif.

Sementara itu, Disparbud Kabupaten Banjarnegara memastikan proyek penataan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng dapat selesai sesuai target pada bulan Juli. Dengan demikian, penyelenggaraan DCF XIV bisa terlaksana karena agenda wisata tahunan ini sempat vakum pada 2023 lalu.

Menurut Kepala Disparbud Kabupaten Banjarnegara, Tursiman, pergelaran Dieng Culture Festival 2024 telah ditunggu masyarakat. Panitia pun sudah ingin menyelenggarakan event yang masuk dalam agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

“Apalagi pergelaran DCF ini menjadi agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024, sehingga diharapkan dapat terlaksana,” katanya menegaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya