Waduh! Banyak Anjing di Soloraya Ditelantarkan dan Dibuang, ke Mana Ya?

Sahabat Anjing Surakarta (SAS) menemukan banyak anjing peliharaan di wilayah Soloraya yang dibuang dan ditelantarkan karena berbagai sebab.

 Ilustrasi anjing. (Solopos-dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anjing. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Komunitas pencinta anjing, Sahabat Anjing Surakarta (SAS) mendapati fakta memilukan banyaknya anjing yang ditelantarkan. Kawasan kebun teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, disebut menjadi salah satu lokasi penelantaran anjing di Soloraya.

Kebanyakan anjing yang dibuang adalah anjing kampung, anjing berpenyakit, hingga anjing yang sudah tidak dikehendaki pemiliknya. Hal ini perlu segera direspons untuk menjamin kesejahteraan hewan serta antisipasi perdagangan daging anjing.

PromosiJalan dr Radjiman, Poros Merapi, Saksi Boyongan Keraton Kartasura

SAS juga mengungkapkan kebanyakan anjing yang dibuang di sekitar kebun teh Kemuning adalah anjing peliharaan atau berpemilik. Mereka ditelantarkan karena mengidap penyakit serius seperti distemper (virus yang menyerang saraf otak dan saluran pernapasan) dan penyakit mematikan lain.

Baca Juga: Bangunan Pasar Legi Selesai 100%, Pedagang Siap Boyongan?

“Ada juga yang dibuang atau ditelantarkan karena pemiliknya sudah bosan. Mereka memilih Kemuning karena cenderung sepi, jadi tidak ketahuan. Anjing juga bebas berlarian karena kebun teh luas. Jangan heran kalau banyak anjing liar di sana,” ujar Koordinator SAS, Fredy Irawan, saat berbincang dengan Solopos.com, belum lama ini.

Selain itu anjing kampung dan anjing ras campuran juga banyak dibuang di kawasan itu. Dari penelusuran SAS, sejumlah breeder (peternak) cenderung membuang anjing hasil persilangan anjing kampung dengan anjing ras (mix).

Hal itu karena anjing mix sulit dijual. “Biasanya anjing ras peliharaan mereka kebobolan kawin dengan anjing kampung kalau seperti itu,” imbuhnya.

Baca Juga: Belum Teken UMK Solo 2022, Gibran: Saya Butuh Waktu

Gerakan Rescue

Fredy memiliki teman yang kerap menyelamatkan anjing telantar di Kemuning. Anjing-anjing itu kemudian dirawat di selter pribadi. Namun sang rekan belakangan ini tak lagi intens bergerak karena mengalami stroke. “Selternya juga sudah kelebihan kapasitas. Ada 20-an anjing di sana, kami sedang mencari adopter,” ujar Fredy.

Ia mengakui gerakan rescue anjing yang dibuang atau ditelantarkan di Soloraya saat ini memiliki sejumlah keterbatasan. Oleh karena itu, SAS fokus mengedukasi warga supaya muncul kesadaran hidup berdampingan dengan makhluk lain, termasuk anjing.

Selain itu SAS mengupayakan sterilisasi anjing liar untuk pengendalian populasi. “Jangan sampai praktik pembuangan anjing ini ikut memicu perdagangan anjing untuk konsumsi.”

Baca Juga: Meluas ke SMP, Jumlah Pelajar Positif Covid-19 di Solo Jadi 12 Orang

Co-founder Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Karin Franken, mengatakan upaya penyelamatan (rescue) hewan peliharaan seperti anjing penting dilakukan di tengah banyaknya kasus penelantaran.

Karin mendorong rescuer memiliki ilmu dan fasilitas penunjang seperti selter sehingga anjing dapat terawat dengan baik. “Rescuer harus punya pengetahuan soal perilaku anjing dan kemampuan mengelola selter, apalagi saat ini masa pandemi,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Apa Itu Onggo-Inggi, Sosok yang Kerap Muncul di Jembatan Jurug Solo?

Apa sih itu Onggo-Inggi, sosok yang dikabarkan kerap muncul di Jembatan Jurug Lama Solo, Jawa Tengah?

Lahan 20,1 Hektare di Sragen Dihibahkan ke Kemenparekraf, Ini Lokasinya

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk pembangunan Poltekpar Negeri, lokasi lahan itu tersebar di tiga kelurahan.

Pemkab Klaten Kembali Mendapatkan Opini WTP, Ini Komentar Bupati

Pemerintah Kabupaten Klaten sukses mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Anggaran 2021.

Pemkab Sragen Hibahkan Lahan 20,1 Hektare ke Kemenparekraf, Buat Apa?

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk lokasi pembangunan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri.

Kenapa Nama Sala Berubah Jadi Solo? Ternyata Ini Sejarahnya

Kira-kira kenapa nama Sala bisa berubah menjadi Solo, salah satu kota yang ada di Jawa Tengah? Ternyata begini sejarahnya.

Butuh 2 Crane Evakuasi 2 Truk Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Evakuasi kedua truk yang terlibat kecelakaan di Jl. Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) membutuhkan dua crane.

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) diduga karena sopir mengantuk.

Dua Orang Meninggal Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Polisi menyebut dua orang meninggal dalam kecelakaan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Bluar! Dikira Truk BBM Terbakar di Jl. Solo-Semarang Boyolali, Ternyata

Salah seorang warga menyampaikan kesaksian saat kecelakaan melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Breaking News! Dua Truk Alami Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Dua unit truk terlibat kecelakaan di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (17/5/2022).

Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Di kawasan wisata Keraton Solo ada wahana baru kereta listrik yang bentuknya mirip kendaraan listrik wisata milik Pemkot Solo, mau coba?

Rudy Ikut Donor, DPC PDIP Solo Himpun 221 Kantong Darah

DPC PDIP Solo mengadakan aksi donor darah dan berhasil menghimpun 221 kantong dari pengurus dan kader. Aksi dipimpin langsung oleh FX Hadi Rudyatmo yang juga menjadi donor.

Libur Waisak Pasar Gede Solo Dipadati Pengunjung, Ini Yang Diburu

Pasar Gede Solo dipadati pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati kuliner khas atau membeli oleh-oleh pada libur Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

Beredar Surat PLN Solo Tertibkan Pemakaian Daya, 450 VA Jadi 1.300 VA

Surat berisi pemberitahuan dari PLN kepada pelanggan mengenai penertiban daya listrik dari 450 VA menjadi 1.300 VA beredar di Solo.

Antisipasi PMK, Pedagang Dan Peternak Sapi di Solo Diminta Lakukan Ini

Tim gabungan DKPP dan Polresta Solo memberikan sejumlah arahan kepada pedagang dan peternak kambing serta sapi untuk antisipasi wabah PMK.