Waduh… 40% Peserta Tes SKD Wonogiri di LPPKS Karanganyar Tak Penuhi Passing Grade

Sekitar 40 persen peserta seleksi CPNS Kabupaten Wonogiri yang mengikuti tes di LPPKS di Kabupaten Karanganyar tidak memenuhi passing grade.

 Pelaksanaan seleksi calon pagawai negeri sipili atau CPNS Kabupaten Wonogiri di Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Kabupaten Karanganyar beberapa waktu lalu. (Istimewa/BKD Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Pelaksanaan seleksi calon pagawai negeri sipili atau CPNS Kabupaten Wonogiri di Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Kabupaten Karanganyar beberapa waktu lalu. (Istimewa/BKD Wonogiri)

Solopos.com,WONOGIRI — Sekitar 40 persen peserta seleksi calon pagawai negeri sipil atau CPNS Kabupaten Wonogiri yang mengikuti tes di Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Kabupaten Karanganyar tidak memenuhi passing grade.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Wahyudi, mengatakan pelaksanaan tes SKD CPNS Wonogiri belum selesai, baru 53 persen. Sebab lokasi tes tidak dipusatkan di satu tempat, melainkan di 19 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, tes mandiri yang digelar BKD Wonogiri dengan peserta tes paling banyak dibandingkan 18 lokasi lainnya telah selesai digelar. Tes yang berlangsung mulai 14-20 September 2021 itu digelar di Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Kabupaten Karanganyar.

Baca juga: Jembatan Bacem Sukoharjo Saksi Bisu Pembantaian PKI 1965

Dari total 4.456 peserta yang dijadwalakan mengikuti tes SKD, sebanyak 2.279 menjalani tes di LPPKS, sekitar 50 persen. Sementara itu peserta tes terbanyak kedua bertempat di Kanreg I BKN Yogyakarta. Ada 1.805 orang yang akan mengikuti tes di sana pada 10-12 Oktober 2021.

Hingga Selasa (21/9/2021), tes SKD yang terlaksana baru di enam lokasi. Yakni LPPKS Karanganyar, Kanreg II BKN Surabaya, Kanreg VIII BKN Banjarmasin, Kanreg IX Papua, UPT BKN Lampung dan UPT BKN Serang. Tes terakhir pada 19 Oktober 2021 di Kanreg V BKN Jakarta.

Saat ini BKD Wonogiri belum bisa memastikan berapa peserta yang dinyatakan gugur dalam tes seleksi SKD. Sebab belum semua peserta melangsungkan tes. Hasil tes akan disandingkan setiap formasi dan lokasi, kemudian diurutkan peringkatnya.

“Yang bisa diketahui peserta yang tidak memenuhi passing grade. Di LPPKS yang jumlah pesertanya banyak, ada sekitar 40 persen peserta yang tidak memenuhi passing grade. Peserta lain rata-rata nilainya tinggi,” kata dia saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa.

Baca juga: Kesulitan Kerjakan Soal, Guru Tidak Tetap Senior di Wonogiri Berharap Keajaiban Lolos Seleksi P3K

Menurut dia, penyebab peserta tidak memenuhi passing grade sangat fluktuatif. Sebagian peserta nilai TWK tinggi namun TIU rendah. Ada yang nilai TKP bagus tapi TWK rendah.

“Peserta yang lolos passing grade harus tetap menunggu, karena yang belum tes masih 47 persen. Meskipun memenuhi passing grade belum tentu lolos ke tahap tes SKB. Satu formasi hanya diambil tiga orang, dua formasi hanya diambil enam orang,” ungkap dia.

Lebih jauh Wahyudi menjelaskan, peserta yang tidak menghadiri tes SKD di LPPKS Karanganyar sebanyak 181 orang. Ia tidak bisa memastikan penyebab ratusan peserta itu tidak hadir saat tes.

“Ada dua peserta yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka memberitahu kami satu hari sebelum pelaksaan tes. Kedua peserta itu dijadwal ulang pelaksanaan tesnya dengan mengirimkan surat ke PPASN pusat terkait jadwal ulang,” ujar dia.

Baca juga: Iuuuhhhh… Air Sungai Bengawan Solo di Sragen Hitam Pekat Seperti Oli, Bau Busuk

BKD Wonogiri telah mengirmkan surat itu dan sudah mendapatkan balasan. Peserta yang tekronformasi positif itu dijadwalak mengikuti tes pada tahap ketiga, tepatnya 20 Oktober 2021. Dimungkinkan, mereka menjalani tes dengan peserta dari kabupaten lain yang mengalami kejadian serupa.

“Yang tes di Kanreg Surabaya juga ada yang terkonfirmasi positif Covid-19, di sana pesertanya 88 orang. Laporan sudah kami terima. Nanti lokasi tes dalam jadwal ulang juga di sana,” kata Wahyudi.

Sementara itu, tes untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K non guru Kabupaten Wonogiri akan dilaksanakan di LPPKS Karanganyar pada 22 Oktober 2021. Ada 180 orang yang akan mengikuti tes.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Belasan UKM di Klaten Korban Order Fiktif Rp2 Juta Lapor ke Polisi

Aksi orang tak dikenal yang menipu para pedagang kecil dinilai sangat merugikan masyarakat dan pengelola panti asuhan putri di Tonggalan, Klaten Tengah.

Belasan UKM di Klaten Kena Order Fiktif, Antar Pesanan hingga Rp2 Juta

Belasan pelaku UKM itu telanjur mengirim pesanan ke Panti Asuhan Putri Aisyiyah di Tonggalan, Klaten Tengah, padahal pengelola panti tersebut sama sekali tidak memesan seblak atau bakso dari para pedagang kecil.

Libur Maulid Nabi, Tawangmangu Cenderung Sepi

Arus lalu lintas di Tawangmangu, Karanganyar, pada libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (20/10/2021) cenderung sepi.

Ingin Ormas Islam Bersatu, Bupati Karanganyar Adakan Pengajian Rutin

Bupati ingin menggelar pengajian rutin yang melibatkan ormas Islam di Karanganyar agar mereka bersatu membangun masyarakat.

Nunggak Pajak, Aset Perusahaan di Solo Senilai Rp560 Juta Disita 

Aset salah satu perusahaan di Solo senilai lebih dari Rp560 juta disita Kanwil Ditjen Pajak Jateng II lantaran menunggak pembayaran PPN tahun 2018.

Peringati HUT Taman Doa, Umat Katolik Sragen Nyalakan 1.000 Lilin

HUT ke-4 Taman Doa Santa Perawan Maria Di Fatima di Ngrawoh, Gesi, Sragen, dirayakan umat Katolik dengan melakukan Misa dan menyalakan 1.000 lilin di sekitar Patung Bunda Maria.

Akomodasi Pekerja, DKK Sukoharjo Buka Vaksinasi Covid-19 Malam Hari

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo membuka vaksinasi Covid-19 malam hari untuk mengakomodasi para pekerja yang tak bisa meninggalkan pekerjaan siang hari.

Biar Ramai, Pedagang Bonsai Buka Lapak di Sentra Kuliner Sragen

Sentra Kuliner Veteran Brigjen Katamso Sragen tampil beda dengan deretan tanaman bonsai yang dipajang di halaman depan.

Masuk TSTJ Solo Tak Dibatasi Usia, Tingkat Kunjungan Langsung Melonjak

Jumlah kunjungan ke objek wisata Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ Solo langsung melonjak setelah keluar aturan baru di mana pengunjung tidak dibatasi usia.

Canggih, Kualitas Air Pamsimas Plosorejo Bisa Dipantau via Smartphone

Pamsimas di Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Karanganyar, telah dilengkapi Water Management System yang terhubungan dengan internet.

Gerindra Karanganyar Gelar Vaksinasi, Jumlah Peserta Jauh Berkurang

Jumlah warga yang mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Partai Gerindra Karanganyar tak sebanyak kegiatan serupa sebelumnya.

Marak Pinjol dan Arisan Ilegal, Polres Sukoharjo: Jangan Takut Melapor!

Polres Sukoharjo membentuk tim khusus untuk menangani setiap laporan dan aduan mengenai kasus pinjaman online maupun arisan online ilegal.

Sukoharjo Hari Ini: 20 Oktober 2010, Jagal Yulianto Jalani Rekonstruksi

Kabar Sukoharjo hari ini, tepatnya pada 20 Oktober 2010, Jagal Yulianto jalani rekonstruksi pembunuhan dengan mempraktikkan 30 adegan.

Duh...Motor Oleng, Warga Sragen Tabrak Pembatas Jalan dan Pohon

Pengendara sepeda motor Honda CBR asal Sragen tak bisa mengendalikan kendaraannya saat melaju di Jl Raya Sukowati di tengah malam sebelum menabrak pembatas jalan.

Bukan Kaleng-Kaleng, Ketua Tikus Pithi Telurkan Novel, Lagu, dan Buku

Ketua Tikus Pithi Hanata Baris Tuntas Subagyo sudah menelurkan sejumlah karya berupa buku, novel, menciptakan lagu dan membuat film.