Waduh! 14 Remaja di Maluku Utara Kedapatan Mabuk Lem

BNNP Maluku Utara bekerja sama dengan Satpol PP Kota Ternate mengamankan 14 remaja yang kedapatan sedang mabuk lem.

 
Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) mendata 14 remaja penyalahgunaan lem Aibon yang diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Ternate. (Antara)

SOLOPOS.COM - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) mendata 14 remaja penyalahgunaan lem Aibon yang diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Ternate. (Antara)

Solopos.com, TERNATE — Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Ternate mengamankan 14 remaja penyalahgunaan lem Aibon atau mabuk lem.

“Ke-14 anak dan remaja ini terciduk menghirup lem Aibon di lokasi Benteng Oranye Ternate melalui tim Satpol PP,” kata Kepala BNNP Malut Brigjen Pol Wisnu Handoko SIK MM, didampingi Kabid Pemberantasan Kombes Pol Dinnar Widargo, di Ternate, Senin (29/11/2021).

Dia menjelaskan, ke-14 anak remaja itu di antaranya 6 siswa, 2 telah menikah, sopir angkot 1 orang. Kemudian kerja bangunan 1 orang, dan selebihnya tidak bekerja.

Baca juga: Fakta Baru Kasus WNA Siram Istri Pakai Air Keras hingga Meninggal

Mereka yang mabul lem didata dan skrining atau pemeriksaan oleh petugas Rehabilitasi Klinik Pratama BNNP Malut.

“Dari hasil pemeriksaan itu, mereka kisaran usia 18-21 tahun ini telah menyalahgunakan bahan adiktif seperti lem, alkohol, dan minuman keras. Petugas rehabilitasi akan melakukan asesmen kepada masing-masing anak. Untuk mencari tahu sebab menyalahgunakan bahan adiktif tersebut. Kemudian rencana terapi selanjutnya, dengan persetujuan orang tua,” kata Kepala BNNP Malut.

BNNP Malut telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2A) Kota Ternate. Guna pendampingan terhadap 14 anak ini serta bagaimana upaya mengatasi persoalan ini.

Baca juga: TNI dan Polri di Timika Papua Ribut Gegara Rokok, Begini Akhirnya

Selain mengamankan remaja mabuk lem, juga mengantisipasi peredaran narkoba di Malut, BNNP Malut melakukan pelatihan bagi petugas rehabilitasi. Melalui kegiatan Peningkatan Kompetensi Petugas Rehabilitasi Melalui Pelatihan Ketrampilan Konseling Dasar dan Intervensi Krisis (UTC 4 dan 7).

Dia menyatakan, pelatihan ini untuk melakukan pendampingan bagi pecandu narkoba yang menjalani rehabilitasi. Sebab, narkoba mengakibatkan kerugian sosial ekonomi dan jiwa bagi pengguna narkoba.

“Kegiatan ini tujuannya memberikan proses belajar dan kemampuan konseling dasar. Dalam memberikan layanan di berbagai tatanan terapi baik rawat jalan maupun rawat inap,” jelasnya dikutip dari Antara.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

+ PLUS Mengenal Primata Endemik Pulau Jawa yang Dikenal Cerdas Namun Pemalu

Lutung jawa merupakan satwa endemik Pulau Jawa yang dikenal cerdas namun memiliki sifat pemalu.

Bupati Langkat Pejabat Terkaya, Lebih Kaya dari Jokowi

Total harta kekayaan Bupati Langkat ternyata melebihi Presiden Joko Widodo.

+ PLUS Spekulasi Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Jabatan Presiden Tamat

Spekulasi tentang penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo telah tamat. Tahapan Pemilu 2024 selanjutnya akan dibahas dan ditetapkan oleh anggota baru KPU.

Profil Bupati Langkat, Pemilik Kerangkeng Manusia

Berikut profil Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-Angin, yang menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Misteri Brankas Pengusaha Terkaya ASEAN di Semarang, Apa Isinya?

Pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di zaman Belanda, Oei Tiong Ham, meninggalkan dua brankas di Kota Semarang, Jawa Tengah.

+ PLUS WHO: Jutaan Orang Meninggal Akibat "Dapur Ngebul"

WHO menyebut jutaan orang meninggal belum waktunya akibat dapur ngebul alias polusi dalam rumah tangga.

+ PLUS Menanti Transformasi Balap Liar Menuju Tontonan Menarik dan Menghibur

Aksi balapan liar yang selama ini bercitra buruk di mata masyarakat bakal disulap menjadi tontonan menarik oleh Polri.

Mitos Hamil Anggur Bagi Perempuan Banjar yang Melanggar Pamali

Menurut kepercayaan masyarakat Banjar, perempuan yang melanggar pamali dapat hamil anggur.

Begini Kata Polisi Soal Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan, menyebut kerangkeng di rumah Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin, dibuat sejak 10 tahun lalu atas inisiatifnya.

+ PLUS Kebocoran Data Bank Indonesia Momentum Mempercepat Pengesahan RUU PDP

Pengesahan RUU PDP menjadi undang-undang penting untuk mengatur perlindungan data pribadi. Sejauh ini tak pernah ada transparansi dari pengelola data tentang pengelolaan data-data pribadi yang bocor.

17 Pegawai Pengadilan Negeri Depok Terpapar Covid-19, Begini Kondisinya

PN Kota Depok menutup sementara semua pelayanan dan aktivitas selama lima hari kerja, mulai Selasa hingga Senin (25-31/1/2022) karena 17 pegawai terpapar Covid-19.

+ PLUS Heboh Pelat Nomor Dewa, Begini Aturan Terkait Nomor Khusus dan Rahasia

Peraturan Polri No. 7/2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor atau Regident Ranmor mengatur ketentuan penggunaan pelat nomor khusus dan rahasia.

+ PLUS Desain dan Konsep IKN Nusantara Sepenuhnya Kota Masa Depan

Desain dan konsep Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sepenuhnya kota masa depan. Infrastrukturnya belum pernah ada di kota-kota masa kini.

Turun Tipis Nih! Simak Yuk Harga Emas Pegadaian, Selasa 25 Januari 2022

Pergerakan harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada hari ini, Selasa (25/1/2022) terpantau turun tipis untuk emas Antam dan UBS ukuran tertentu.

10 Berita Terpopuler: Waspada Begal Payudara dan Polemik Yusuf Mansur

Ulasan aksi begal payudara di 2 lokasi Kabupaten Sragen dan polemik sedekah-investasi ala Yusuf Mansur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Selasa (25/1/2022).

Ini Alasan Eks TKW Geram kepada Ustaz Yusuf Mansur

Miaristi menjadi member PT Veritra Sentosa Internasional (VSI) milik Ustaz Yusuf Mansur pada tahun 2013.