Waduh, 1 Ekskavator Tenggelam Sedalam 3 Meter di Rawa Jombor Klaten

Satu ekskavator yang beroperasi di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, terguling dan tenggelam di kedalaman 3 meter.

 Petugas berusaha mengevakuasi satu ekskavator yang tenggelam dengan memanfaatkan ekskavator lain di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Rabu (8/12/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Petugas berusaha mengevakuasi satu ekskavator yang tenggelam dengan memanfaatkan ekskavator lain di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Rabu (8/12/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Satu ekskavator yang beroperasi di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, terguling, Selasa (7/12/2021) siang.

Tergulingnya ekskavator tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu, ekskavator tersebut dioperasikan untuk membantu pembersihan salah satu warung apung. Ekskavator dioperasikan di tengah waduk menumpang perahu ponton.

Baca Juga: Warung Apung Dibongkar, Eceng Gondok Bertebaran di Rawa Jombor

Diduga, ada bambu yang masuk ruang operator ekskavator hingga mengenai tuas perseneling yang membuat alat berat tiba-tiba itu tidak bisa dikendalikan. Hal itu berakibat rantai pengikat ekskavator dengan perahu ponton terlepas. Ekskavator akhirnya terguling.

“Tidak ada korban jiwa maupun terluka. Untuk operator selamat,” kata ketua RW 20, Desa Krakitan, Muh. Mukhid, Rabu (8/12/2021).

Salah satu warga, Sutomo, juga menjelaskan saat itu ekskavator dioperasikan untuk membersihkan sisa bangunan warung apung. “Diduga ada bambu yang mengenai tuas penggerak ekskavator hingga tidak bisa dikendalikan dan tergulir. Operatornya selamat,” kata dia.

Baca Juga: Dibongkar Pemilik, Warung Apung Rawa Jombor Kini Tinggal Kenangan

Hingga Rabu siang, proses evakuasi ekskavator tersebut masih berlangsung. Sementara, ekskavator tenggelam di dasar waduk berkedalaman sekitar 3 meter.

Di Rawa Jombor ada empat ekskavator yang dioperasikan di atas perahu ponton untuk membersihkan kawasan perairan waduk. Pembersihan warung apung itu merupakan bagian dari penataan dan revitalisasi Rawa Jombor.

Berita Terkait

Berita Terkini

Overpass DI Pandjaitan Diharap Kelar Sebelum Rel Layang Joglo Dimulai

Dishub Solo berharap pengerjaan peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, bisa selesai sebelum rel layang Joglo dan perbaikan viaduk Gilingan dimulai.

Kejari Karanganyar Tuntut 2 Pelaku Kekerasan Seksual Bayar Ganti Rugi

Kejari Karanganyar tahun ini menuntut dua terdakwa kasus kekerasan seksual dengan membayar ganti rugi (restitusi) kepada korban selain menuntut hukuman penjara dan denda.

Jembatan Kereta Zaman Belanda di Klaten Kini Jadi Penghubung 2 Desa

Jembatan penghubung antara Desa Mranggen dengan Desa Blimbing merupakan bekas jalur kereta pengangkut tebu pada era kolonial Belanda.

PT Swasta Tak Bisa Lagi Digandeng Jadi Penguji Seleksi Perdes di Sragen

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati ingin ke depan seleksi perangkat desa (perdes) hanya bekerja sama dengan peguruan tinggi negeri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) si Jogja.

Polemik Pasar Mebel Gilingan Solo, Gibran Siap Ajak Ngobrol Pedagang

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan siap berdialog dengan pedagang Pasar Mebel Gilingan terkait rencana pembangunan sentra IKM.

Laris Banget, Warung Sate di Sragen Ini Habiskan 55-60 Kelinci/Hari

Warung sate kelinci Pak Peng di Jl. Maospati-Solo, Lemah Abang, Sambungmacan, Sragen ramai dikunjungi pembeli. Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, pernah makan sate di sini.

300 Knalpot Brong Sitaan Digergaji di Satlantas Polres Boyolali

Penindakan terhadap knalpot brong akan dilaksanakan sebab banyaknya aduan dari masyarakat yang terganggu dengan suara yang dihasilkan knalpot brong.

Puan Maharani bakal Hadiri Peresmian Pasar Legi Solo, Ganjar Diundang?

Ketua DPR RI Puan Maharani dijadwalkan hadir pada acara peresmian Pasar Legi Solo, sedangkan Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo belum ada kepastian.

Kantor Kesbangpol Kebanjiran, Pagar DPRD Sragen 50 Meter Ambruk

Hujan deras yang terjadi pada Selasa (18/1/2022) siang hingga sore di Sragen menyebabkan banjir di sejumlah lokasi. Kantor Badan Kesbang kebanjiran, sementara pagar DPRD Sragen ambruk.

On The Track, Hujan Tak Ganggu Pembangunan Overpass DI Pandjaitan Solo

Proyek peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, Solo, masih sesuai rencana meski cuaca hujan menjadi tantangan tersendiri.

Satpol PP Sukoharjo Robohkan Lapak PKL Mangkrak di 3 Ruas Jalan Ini

Setiap hari petugas Satpol PP Sukoharjo selalu menertibkan PKL yang nekat berdagang di area yang dilarang Perda.

Asyik...Plaza Kuliner Rawa Jombor Klaten Segera Dibuka

Serah terima aset Plaza Kuliner Taman Nyi Ageng Rakit dari Pemprov Jateng kepada Pemkab Klaten dilakukan pada akhir pekan ini, Minggu (23/1/2022).

Bawa Sabu-Sabu dan Ganja, Warga Kartasura Ditangkap di Karanganyar

Pemuda asal Kartasura, Sukoharjo, AF, ditangkap Polres Karanganyar saat hendak bertransaksi narkoba di Colomadu. Dari tangan tersangka polisi menyita ganja dan sabu-sabu.

Pemkab Karanganyar Adakan Vaksinasi Berhadiah Motor, Ini Caranya

Pemkab Karangannyar menggandeng Yamaha dan PLN menggelar vaksinasi Covid-19 berhadiah sepeda motor.

Disambati Pedagang Pasar Mebel Gilingan Solo, Honda: Pasti Ada Solusi

Ketua Komisi II DPRD Solo Honda Hendarto yakin akan ada solusi untuk pedagang Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, terkait rencana pembangunan sentra IKM.