Wadahi Pegiat Seni, Taman Budaya Sukoharjo Segera Dibangun di Gayam

Impian para pegiat seni Sukoharjo untuk memiliki Taman Budaya segera terwujud karena Pemkab berencana membangunnya tahun depan.

 Perwakilan komunitas Gerbang Budaya Sukoharjo menyampaikan aspirasi saat hearing di Gedung DPRD Sukoharjo, Senin (20/9/2021). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

SOLOPOS.COM - Perwakilan komunitas Gerbang Budaya Sukoharjo menyampaikan aspirasi saat hearing di Gedung DPRD Sukoharjo, Senin (20/9/2021). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemkab Sukoharjo segera membangun Taman Budaya di Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, pada tahun depan. Taman Budaya akan mewadahi para pegiat seni dan budaya dalam mengeksplorasi bakat dan talenta seni.

Para pegiat seni dan budaya yang tergabung dalam komunitas Gerbang Budaya Sukoharjo melakukan hearing dengan DPRD Sukoharjo di gedung DPRD setempat, Senin (20/9/2021). Kegiatan hearing itu dihadiri pimpinan DPRD Sukoharjo, anggota Komisi IV DPRD Sukoharjo, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno.

Salah satu aspirasi yang disuarakan komunitas Gerbang Budaya Sukoharjo adalah impian memiliki sarana dan wadah untuk mengeksplorasi bakat dan talenta pegiat seni dan budaya. Selama ini, Sukoharjo merupakan daerah yang belum memiliki gedung kesenian di wilayah Soloraya.

Baca Juga: Kasus Perusakan Makam di Polokarto Sukoharjo, Polisi Minta Masyarakat Jangan Terprovokasi

“Kami sudah mengalokasikan anggaran senilai kurang lebih Rp500 juta untuk merancang detail engineering design [DED] Taman Budaya Sukoharjo. Mudah-mudahan rampung akhir 2021. Sehingga pembangunan Taman Budaya bisa dikerjakan pada tahun depan,” kata Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno, Senin.

Darno menyebut lokasi Taman Budaya di Kelurahan Gayam. Lahan seluas ribuan meter persegi itu awalnya menjadi lokasi pembangunan kolam renang dan waterboom yang dirancang sebagai destinasi wisata air.

Lantaran muncul pandemi Covid-19 rencana pembangunan kolam renang dan waterboom batal dan diganti Taman Budaya Sukoharjo. Mantan Kepala SMAN 1 Sukoharjo itu bakal berkomunikasi dengan para pegiat seni dan budaya ihwal rancangan desain konstruksi bangunan.

Baca Juga: Kasus Perusakan Nisan Makam, Permakaman Muslim Polokarto Sukoharjo Punya Aturan Ketat

Pegiat Seni Minta Dilibatkan

“Estimasi kebutuhan anggaran bisa dihitung setelah DED rampung. Kemungkinan proyek pembangunan Taman Budaya dikerjakan pada tahun depan. Semoga tidak muncul gelombang ketiga Covid-19 sehingga proyek bisa dikerjakan,” paparnya.

Seorang pegiat komunitas sastra Omah Tulis Sukoharjo, Bambang Hermanto, meminta agar para pegiat seni dan budaya dilibatkan saat merancang DED pembangunan Taman Budaya Sukoharjo. Gedung tersebut bakal digunakan para pegiat seni dan budaya untuk mengembangkan bakat dan talenta.

Tak sekadar berkarya, sarana itu bisa digunakan untuk berkumpul, berdiskusi, dan saling bertukar pendapat untuk membangun Sukoharjo.

Baca Juga: Hiii… Aura Wingit Pembantaian PKI di Cincim Jembatan Bacem Sukoharjo Masih Terasa

“Apabila ada sarana yang representatif otomatis event kesenian dan budaya bisa diperbanyak. Eksistensi kesenian harus dijaga dan dipelihara oleh para pegiat seni dan budaya,” tuturnya.

Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi, mengapresiasi ide, gagasan serta masukan yang disampaikan komunitas Gerbang Budaya Sukoharjo dalam merawat dan menjaga beragam potensi seni dan budaya. Hal itu harus diselaraskan dengan program kegiatan yang digeber pemerintah untuk membangkitkan seni dan budaya di Sukoharjo.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

5 Komoditas Pertanian Ini Jadi Andalan Ekspor Sukoharjo Lho, Apa Saja?

Lima komoditas pertanian menjadi andalan Kabupaten Sukoharjo di pasar internasional atau ekspor ke sejumlah negara di Asia dan Eropa.

Muncul Klaster Covid-19 di Sekolah Solo, Tes Acak bakal Diperluas

Satgas Penanganan Covid-19 Solo bakal memperluas tes acak di sekolah lain yang menyelenggarakan PTM untuk antisipasi dini klaster penularan virus corona.

Peringatan Maulid Nabi ala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen

Siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menulis sosok kisah Nabi Muhammad dan akan membukukan karya murid tersebut.

Tak Ada Temuan Siswa Positif Covid-19 saat PTM di Sragen

Disdikbud Sragen mengusulkan menambah durasi jam pelajaran untuk PTM yang semula tiga jam menjadi empat jam/hari untuk mengejar ketertinggalan materi.

Keren, STT Warga Vaksinasi Ribuan Warga Sukoharjo

STT Warga mendapat apresiasi dari Polres Sukoharjo karena membantu percepatan vaksinasi Covid-19, tidak hanya warga kampus tapi juga masyarakat umum.

Pemkab Wonogiri Atur Strategi Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Akhir Tahun

Selain masalah kesehatan, Pemkab Wonogiri perlu memperhatikan aspek ekonomi, pendidikan, budaya, dan sosial.

Event Pameran Dongkrak Transaksi Solo Great Sale 2021

Penyelenggaraan event pameran seperti Ekraf Mart 2021 dan BUMN-UMKM Great Sale 2021 turut mendongkrak transaksi Solo Great Sale.

PTM SMA/SMK di Wonogiri Pedomani Prosedur Provinsi

Di Kabupaten Wonogiri ada empat SMA yang sudah pernah menggelar uji coba, yakni SMAN 1-3 Wonogiri dan SMAN 1 Wuryantoro.

Rock in Solo Digelar Indoor, Down for Life Dipastikan Tampil

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan event Rock In Solo 2021 akan digelar Indoor namun masih merahasikan lokasinya.

Ketemu Atta Halilintar Seusai Laga PSG Pati Vs PSIM, Gibran Bilang Gini

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ketemu Atta Halilintar seusai pertandingan AHHA PS Pati vs PSIM Jogja di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Ingin Toilet Umum Sebersih di Hotel, Ini Langkah The Sunan Hotel Solo

Toilet umum seringkali menjadi titik lemah dari kawasan pariwisata. Padahal toilet memiliki pengaruh yang cukup besar bagi citra pariwisata daerah.

Muncul Klaster Covid-19, Aturan PTM di Sekolah Solo Berubah?

Pemkot Solo menerbitkan SE Wali Kota terbaru tentang PPKM level 2 yang berlangsung mulai 19 Oktober hingga 1 November, aturan PTM berubah?

Bos Arisan Online asal Mojolaban Sempat Ngumpet di DIY Sebelum Terciduk

Ibu rumah tangga asal Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, yang menjadi pelaku penipuan berkedok arisan online sempat sembunyi di Sleman, DIY.

AHHA PS Pati Kalah Lagi, Reaksi Atta Halilintar di Luar Dugaan

Klub AHHA PS Pati atau PSG Pati kembali menelan kekalahan melawan PSIM Jogja dalam laga lanjutan kompetisi Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Polisi Wonogiri pun Dilatih Berkendara yang Aman

Polisi yang sudah dilatih diminta melatih warga di wilayah tugas masing-masing untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.