Wacana Turnamen Pramusim Digelar di Stadion Manahan, Ini Tanggapan Askot PSSI Solo
Rumput Stadion Manahan Solo. (Nicolous Irawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Askot PSSI Kota Solo menyambut baik rencana PSSI menggelar turnamen pramusim di Stadion Manahan, Solo. Hal itu dianggap sebagai bentuk kepercayaan federasi pada Kota Solo untuk menyambut kembali kompetisi Nasional di masa pandemi Covid-19.

Namun Askot menggarisbawahi setiap lini harus benar-benar mempersiapkan diri jika turnamen itu benar-benar terealisasi. Sebagai informasi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi berencana menggelar ajang pramusim pada 20 Maret-25 April 2021 di empat kota yakni Solo, Sleman, Semarang dan Magelang.

Baca Juga: Luweng di Pracimantoro Wonogiri Kok Hilang? Ini Penjelasan BPBD Wonogiri

Turnamen akan diikuti 20 klub dengan rincian 18 peserta Liga 1 dan dua klub Liga 2 (PSMS Medan dan Sriwijaya FC). Sebanyak 20 peserta akan dibagi menjadi empat grup dengan format single round robin.

Ketua Askot PSSI Solo, Paulus Haryoto, mengatakan pihaknya turut bangga dengan dibidiknya Kota Bengawan sebagai salah satu venue turnamen pramusim. Menurut Paulus, Stadion Manahan sangat layak menggelar ajang sepak bola Nasional perdana di masa pandemi Covid-19 tersebut. Meski demikian Askot menyebut ada konsekuensi yang perlu disiapkan apabila turnamen pramusim resmi direalisasikan.

“Tentu bangga bisa dapat kepercayaan. Secara prinsip, Askot mendukung ajang pramusim di Solo. Namun Pemkot harus benar-benar memfasilitasi ini dengan baik,” ujar Paulus saat ditemui wartawan usai pelantikan kabinet Pasoepati di Sumber, Solo, Sabtu (13/2/2021) malam.

Izin Liga

Kepastian bergulirnya ajang pramusim serta Liga 1 2021 dikabarkan bakal diumumkan awal pekan ini. Pada Senin (15/2/2021), PSSI dan PT LIB berencana bertemu kembali dengan Polri untuk membahas izin liga. Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengaku optimistis izin dapat segera turun setelah pihaknya menyampaikan secara detail protokol kesehatan di liga.

“Kami berharap sebulan sebelum pramusim izin sudah ada,” ujarnya.

Baca Juga: Sudah 10 Hari Mulut Luweng di Pracimantoro Wonogiri Belum Juga Ditemukan, Warga Tak Menyerah!

Liga 1 rencananya akan digulirkan 11 Juni 2021-22 Maret 2022 dengan format kompetisi penuh. Setelahnya, kick off Liga 2 akan menyusul mulai 26 Juli-27 November 2021 dengan sistem dua wilayah.



Berita Terkini Lainnya








Kolom