SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – PT Astra Honda Motor mencatatkan bahwa popularitas pasar skuter matik (skutik) menempati posisi teratas dalam penjualan sepeda motor di Kalimantan Timur.

Manager Marketing Astra Honda Motor Balikpapan Yehezkiel Felix mengatakan secara total penjualan produk Honda di Kaltim mencapai sekitar 4.000 unit per bulan. Diantaranya, skutik menyumbang penjualan sebesar 81 persen selama periode Januari 2019–Juli 2019.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertumbuhan skutik berlanjut hingga tahun ini, setelah tahun lalu pangsa pasar segmen ini mencapai 79 persen. Penjualan produk skutik keluaran Honda, didominasi oleh Scoopy, diikuti Beat dan Vario. Menurutnya, peningkatan pasar skutik diikuti dengan penurunan share untuk kelas sport di kisaran 9 persen. Namun, untuk pasar lainnya jenis motor bebek masih dalam kategori stabil.

“Ada pergeseran pola beli masyarakat. Selain itu didukung dengan munculnya produk-produk baru di kelas skutik dari Honda turut berubah pangsa pasar. Karakteristik konsumen yang membeli motor skutik cukup sering dibandingkan dengan jenis sport,” ungkapnya akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan karakteristik konsumen yang membeli motor sport biasanya hanya satu kali membeli dan ketika mempertimbangkan untuk membeli lagi, mereka cenderung beralih ke kapasitas cubical centimeter (cc) yang lebih besar. Sementara itu, untuk pasar skutik, respon pasar lebih cepat terutama ketika ada produk baru yang di luncurkan.

Saat ini Honda tengah memperkenalkan produk baru di pasar skutik yakni Honda ADV150 dan Honda Genio. Dia mengharapkan dari dua produk ini bisa meraup tambahan penjualan di segmen skutik sebesar 400 unit.

Utamanya, pihaknya mengharapkan dari produk Genio. Pasalnya produk ADV150 belum bisa terlalu gencar menjual karena masih berupa produk inden. Pabrik produksinya, lanjut dia, terbatas hanya 14.000 unit atau separuhnya produksi PCX. Bahkan untuk unit PCX juga terhitung masih inden.

Namun dia merasa secara jangka panjang, kehadiran produk Genio belum akan mengambil pasar Scoopy.Tingkat permintaan Scoopy, lanjut dia, masih cukup booming.

“Produksi sudah ditambah tetap saja permintaannya tinggi. Namun, kemungkinan produk baru ini mengambil pasar Honda Beat. Karena produksi Honda Beat Pop dan Vario110 sudah dihentikan,” katanya.

Secara keseluruhan, kehadiran produk ini bisa memberikan kontribusi pada penjualan Honda dengan target pertumbuhan pasar sekitar 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya