SOLOPOS.COM - Boyolali (FOTO/Dok)

Boyolali (FOTO/Dok)

BOYOLALI–Pemerintah Desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali tengah menjaring aspirasi warga terkait wacana mengubah status menjadi kalurahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa waktu lalu, Kepala Desa Donohudan, Sutrapsilo, pernah mengemukan wacana untuk  mengubah status wilayahnya menjadi kalurahan. Namun untuk merealisasikan niat tersebut, pemerintah desa Donohudan lebih dulu menjaring aspirasi masyarakat setempat. Hal itu dimaksudkan supaya rencana tersebut tidak memicu polemik di masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saat ini kami menjaring dulu bagaimana pendapat masyarakat. Apakah mereka tetap ingin Donohudan berstatus desa atau diubah menjadi kalurahan. Kalau masyarakat menghendaki, kami pihak pemerintah desa akan berperan sebagai fasilitator. Jadi semua keputusan ada di tangan warga,” kata Sutrapsilo kepada Espos, akhir pekan kemarin.

Sebelumnya Bupati Boyolali, Seno Samodro, pernah mengungkapkan setidaknya ada 12 desa yang mengajukan diri untuk perubahan status menjadi kalurahan. Namun tidak semuanya bisa langsung diakomodasi. Menurut Bupati, hal itu disesuaikan juga dengan kemampuan anggaran yang dimiliki Pemkab Boyolali. Pasalnya pengubahan status membutuhkan dana yang tidak sedikit.

(JIBI/SOLOPOS/Yus Mei Sawitri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya