SOLOPOS.COM - Mendikbud Muhadjir Effendy (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Wacana full day school ditolak oleh sebagian besar netizen.

Solopos.com, SOLO – Wacana tentang full day school yang dicetuskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru langsung menuai protes dari sejumlah kalangan. Bahkan, hingga akhirnya kebijakan itu dibatalkan, cuitan bernada protes masih saja ramai hingga saat ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tanda pagar #FullDaySchool dan #tolakFullDaySchool juga masih saja menghiasi timeline di jagad Twitter. Banyaknya kontra akibat wacana tersebut, akhirnya memengaruhi keputusan pemerintah untuk merealisasikan wacana itu. Banjir protes akibat wacana ini juga tak hanya dari kalangan netizen. Sejumlah artis juga berkicau dengan nada menolak direalisasikannya kebijakan tersebut.

Addie MS, composer musik ini juga turut menanggapi wacana pemerintah untuk mengadakan full day school di seluruh sekolah swasta dan negeri di Indonesia. “Masa kecil waktunya bermain, kala dewasa saatnya bekerja. Kecil kurang bermain, dewasa “bermain-main”,” tulis Addie.

Cuitan Addie MS pun juga menuai berbagai reaksi dari para follor-nya. Salah satu follow Addie MS, @arisrisdiana15 menulis, “@addiems drpd #FullDaySchool mnding banyakin beasiswa & lowongan kerja, biar anak-anak yang kurang mampu bisa sekolah, bapaknya yang pengangguran bisa bekerja,” tulisnya.

Novelis kenamaan Indonesia, Djenar Maesa Ayu, juga menulis penolakannya pada kebijakan tersebut. “School doesn’t test your intelligence, it tests your memory. #FullDaySchool #contra,” tulis Djenar di akun twitternya ?@djenarmaesaayu.

Pemilik akun lainnya @SChelinF juga mengomentari tentang akibat dari penerapan full day school di Indonesia. Salah satunya, tentang uang sekolah yang tentu saja harus disiapkan ekstra oleh orang tua.

“Nggak setuju dengan pak menteri. Kasihan orang tua di rumah yang cari kerjaan pak. Kalau sekolah mau nanggung uang jajannya yah nggak apa-apa #FullDaySchool,” tulisnya.

Di tengah banyaknya cuitan protes, pasca dicabutnya rencana wacana full day school, sejumlah netizen juga memberi tanggapan pro atas kebijakan tersebut. Seperti ungkapan yang disampaikan pemilik akun @Nurmy_cahyo.

“Daripada anak saya pacaran pulang sekolah dan di depan tipi kecanduan nonton apalagi nyak babenya sibuk, saya dkung  #FullDaySchool,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya