SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

Wabah penyakit diare menyerang warga di wilayah Bonjor, Temanggung.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Kejadian luar biasa (KLB) diare kembali terjadi di Desa Bonjor Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, setelah kasus yang sama terjadi pada 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Taryumi di Temanggung, Senin (19/10/2015), mengatakan pada KLB 2015 terdapat 37 orang yang terjangkit diare.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sejak akhir September 2015 hingga pertengahan Oktober 2015 di Desa Bonjor sebanyak 37 orang terjangkit diare, kebanyakan mereka adalah balita karena ketahanan tubuh mereka masih lemah,” katanya.

Pada KLB diare di Desa Bonjor Kecamatan Tretep tahun 2012 tercatat 119 orang terserang diare dengan seorang di antaranya meninggal dunia.

Taryumi menyebutkan kali ini ada tiga dusun yang terserang wabah diare yakni Banaran, Kalitengah dan Krajan.

Taryumi menuturkan pada KLB diare kali ini penanganannya cukup di bidan desa dan puskesmas.

Para penderita hanya menjalani rawat jalan, tidak ada yang rawat inap.

Menurut dia penyebab wabah diare di desa tersebut karena perilaku masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan.

Pengecekan sumber air yang digunakan masyarakat menunjukkan kondisi yang masih baik namun diperkirakan ada sambungan pipa yang terkontamisi limbah rumah tangga.

“Ada salah satu sambungan pipa yang tidak permanen [bongkar pasang] oleh warga seringkali digunakan untuk cuci tangan sepulang dari ladang. Hal ini terkadang saat membasuh ada kotoran atau pupuk yang masih melekat ditangannya dan masuk pipa saluran air tersebut,” katanya.

Ia mengatakan jika warga tidak menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, kemungkinan wabah diare bisa terjadi lagi di desa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya