SOLOPOS.COM - Perempuan Iran mengenakan masker mulut dan hidung untuk mencegah tertular virus corona ketika berjalan di Grand Bazaar di Teheran, Iran (20/2/2020) . (Antara/Kantor Berita Asia Barat WANA)/Nazanin Tabatabaee via Editor Reuters)

Solopos.com, TEHERAN - Wabah virus corona di Iran mulai menunjukkan tanda-tanda terkendali. Iran bahkan berani membuka sejumlah masjid dan tempat umum setelah beberapa pekan terakhir tak ditemui kasus baru virus corona penyebab wabah Covid-19.

Pemkab Wonogiri Waspadai Penularan Corona di Pasar Tradisional Daerah Perbatasan

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kebijakan membuka kembali masjid-masjid di tengah bulan Ramadhan itu juga diikuti keputusan Presiden Iran Hassan Rouhani, Minggu (26/4/2020), untuk melonggarkan lockdown secara bertahap.

Pemerintah Iran akan membagi wilayah-wilayahnya menjadi tiga bagian. Yaitu Wilayah putih, kuning dan merah. Pembagian tersebut didasari jumlah warga yang terinfeksi dan juga jumlah kematian.

Kelonggaran aktivitas yang diberikan di masing-masing wilayah pun berbeda. Tergantung dari warna yang ditetapkan pemerintah.

Jokowi Sebut Covid-19 Indonesia Reda Juni, Apindo: Sulit Memprediksi

Wabah Covid-19 Iran

Bagi wilayah yang dinilai konsisten dengan tak lagi adanya korban atau kasus baru Covid-19, akan diberikan tanda putih. Masjid dan salat Jumat pun diperbolehkan digelar kembali di wilayah tersebut. Juga salat lima waktu secara berjamaah.

Dilansir Reuters, Wakil Menteri Kesehatan Iran Iraj Harirchi mengatakan ada sebanyak 116 wilayah yang saat ini dilabeli dengan warna putih. Dan 134 lainnya dilabeli warna kuning.

Dalam satu pekan terakhir, roda perekonomian di Iran sudah mulai berputar. Sebagai besar toko-toko kembali dibuka, dan pasar kaget dizinkan.

Pasien Ke-17 Positif Corona Solo Ibu Rumah Tangga Bisu Tuli, Kerjanya Buruh Cuci

Dilansir worldometers.info, Senin (27/4/2020), tercatat sebanyak 90.481 warga Iran terjangkit virus corona. Dengan jumlah kematian mencapai 5.710 orang.

Sementara jumlah penderita yang berhasil disembuhkan sebanyak 69.657 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya