Wabah Corona, Satpol PP Karanganyar Bagi-Bagi Jamu Jokowi
Petugas Satpol PP Karanganyar membagikan Jamu Jokowi dalam rangka perayaan ulang tahun dan sosialisasi antisipasi virus corona (covid-19) di Taman Pancasila Minggu (22/3/2020). (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR - Puluhan personel Satpol PP Karanganyar membagikan sekitar 400 gelas jamu yang dinamai Jamu Jokowi kepada masyarakat di Taman Pancasila Karanganyar Minggu (22/3/2020). Giat sosial tersebut dilakukan dalam rangka perayaan HUT Satpol PP, Linmas, dan Damkar Karanganyar di tengah wabah virus corona.

Plt. Kepala Satpol PP Karanganyar, Yopi Eko Jati Wibowo, mengatakan Jamu Jokowi dinamai lantaran bahan-bahan yang digunakan sama dengan jamu yang diberikan Jokowi kepada tiga pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu. Jamu tersebut menurutnya dibuat sendiri oleh personel Satpol PP Karanganyar dan dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang ada di Taman Pancasila.

Daun Sirih dan Lidah Buaya Bisa Dibuat Hand Santizer Alami

“Jamunya dari empon-empon bahannya. Sama dengan yang diberikan Pak Jokowi, itu kenapa kami menyebutnya Jamu Jokowi," ucap dia kepada Solopos.com, Minggu (22/3/2020).

"Kami mulai standby dari pukul 15.00 WIB dan jamu sudah siap dibagikan sekitar pukul 16.00 WIB. Kami membagikan jamu itu sambil sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran covid-19,” imbuhnya.

Lebih Ngegas dari dr. Tirta, Maaher Thuwailibi Semprot Netizen Soal Corona

Selain dalam rangka merayakan ulang tahun, pembagian jamu menurutnya dianggap sebagai media pendekatan yang lebih efektif dalam menyampaikan sosialisasi. Pasalnya, wedang jamu dianggap sebagai media penghubung obrolan yang erat dengan budaya Karanganyar. Sehingga, dia berharap sosialisasi yang dilakukan dapat masuk dan dipahami masyarakat.

“Kalau masyarakat umumnya disosialisasi langsung jarang yang mau memperhatikan. Makanya kami pakai pendekatan wedang jamu yang dibuat tangan oleh personel Satpol PP. Semoga saja masyarakat paham dan bisa membantu memutus mata rantai penyebaran covid-19,” imbuh dia.

Kronologi Pelajar SMP Meninggal Tenggelam di Telaga Rowo Wonogiri

Bermanfaat untuk Tubuh

Salah satu masyarakat Warti, 45, mengatakan senang melihat aksi yang dilakukan Satpol PP Karanganyar membagikan jamu. Pasalnya, jamu dari empon-empon dianggap ampuh dalam meningkatkan kondisi tubuh dan bermanfaat untuk mencegah agar covid-19 tidak menyerang tubuh.

“Saya senang dengan kegiatan yang dilakukan Satpol PP, soalnya jamu kan bisa bikin tubuh kuat dan sehat. Bisa menangkal segala penyakit semoga corona juga,” papar dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom