Wabah Corona, Liga Inggris Tetap Harus Dituntaskan
Liga Inggris (Reuters/Jason Cairnduff)

Solopos.com, SOLO - Liga Premier Inggris dihentikan sementara karena wabah corona. Banyak kabar beredar Liga Inggris bakal dihentikan tanpa juara, namun ada saran liga ini harus tetap dituntaskan.

Liga Inggris saat ini sudah memasuki pekan ke-29 atau sudah menyelesaikan 75% dari total pertandingan. Wabah corona membuat otoritas setempat menangguhkan pertandingan hingga 4 April 2020. Namun, penangguhan itu bisa lebih lama mengingat persebaran corona kian luas.

Nilai Tukar Dolar AS Diklaim Tembus Rp16.000, Cek Faktanya!

Di masa penangguhan ini, muncul banyak opsi. Mulai dari memberikan Liverpool gelar juara, menghentikan liga tanpa juara, hingga Liga Inggris tetap dituntaskan setelah wabah corona berakhir.

Saat ini, Liverpool digdaya di puncak klasemen dengan keunggulan 25 poin dari Manchester City di posisi kedua. Selisih poin yang cukup jauh itu membuat sebagian kalangan rela gelar juara diberikan kepada The Reds. Namun tak adil bagi tim yang tengah berjuang untuk finis empat besar dan lolos degradasi.

Eks kapten Liverpool Phil Thompson berharap Liga Inggris tetap dituntaskan. Faktor integritas menjadi poin yang harus dikorbankan jika liga dihentikan di tengah-tengah musim. Opsi ini pun bisa terjadi mengingat Piala Eropa dan Copa America yang digelar pada musim panas resmi diundur.

Jakarta Disebut Episentrum Corona, Istana Tak Sepakat

"Banyak orang akan cukup menikmati kalau musim tidak diselesaikan, tapi jelas bukan fan Liverpool, termasuk saya. Tapi ada hal-hal yang lebih penting dari itu, terutama integritas dari Liga Inggris dan Premier League," ungkapnya seperti dikutip dari Sky Sports.

"Kalau musim dibatalkan, siapa yang terdegradasi, siapa yang akan bermain di Liga Champions musim depan? Ada begitu banyak masalah untuk diselesaikan dan cara terbaik untuk mengatasinya adalah menghadirkan formula terkait bagaimana menyelesaikan musim, berapapun lamanya waktu yang dibutuhkan."

Pertemuan

"Saya berharap bahwa prioritas tertinggi agenda [pertemuan hari Kamis] adalah kata-kata 'Kita perlu menyelesaikan liga', dan klub-klub diberi tahu untuk mengungkapkan ide-ide mereka. Memang ada hal-hal lain untuk didiskusikan juga, tapi itu seharusnya jadi perhatian utama."

Virus Corona Tak Pandang Bulu, Siapapun Bisa Tertular Penyakit Covid-19

"UEFA baru saja menunda Piala Eropa 2020, yang membuka segala sesuatunya agar liga bisa diselesaikan. Dan saya berharap bahwa penyelesaian liga akan jadi target utama Premier League," tandasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho