SOLOPOS.COM - Pedagang menata dagangan di kiosnya di Pasar Burung dan Ikan Hias Depok Solo, Senin (19/2/2018). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Tak hanya sekolah yang terdampak wabah virus corona di Solo, kalong, codot, atau kelelawar di Pasar Depok Solo dimusnahkan segera. Hal ini merupakan salah satu langkah antisipasi virus corona di Solo.

Keputusan itu berdasarkan hasil rapat koordinasi (rakor) Corona Jumat (13/3/2020) malam ini di Loji Gandrung yang dipimpin Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy). Rakor tersebut dilakukan setelah sedikitnya dua orang dinyatakan positif virus corona, dan satu di antaranya meninggal dunia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diketahui, berdasarkan kesimpulan awal para ahli, kelelawar diduga menjadi inang utama virus corona. Meski sebenarnya virus corona novel (covid-19) yang mewabah saat ini berbeda dari virus corona yang ditemukan di tubuh kelelawar.

Wabah Corona di Jakarta, Monas Hingga Ancol Ditutup

Di Solo, Pasar Depok menjadi pusat penjualan utama hewan-hewan hidup selain hewan ternak. Salah satu jenis hewan yang banyak dijual di Pasar Burung Depok adalah reptil dan kelelawar selain burung.

Karena itu, sebagai langkah antisipasi, muncul keputusan bahwa kalong, codot atau kelelawar di Pasar Depok Solo dimusnahkan segera.

Berikut kesimpulan rakor antisipasi wabah corona di Solo:
1. Kota Solo dinyatakan kejadian luar biasa (KLB) corona
2. Car free day (CFD) ditiadakan sampe batas waktu yg tdk ditentukan
3. Murid-murid sekolah mulai TK-SMA baik negeri dan swasta belajar di rumah
4. Pentas WO Sriwedari, kethoprak diliburkan
5. Kegiatan olah raga di GOR Manahan dan Sriwedari ditutup
6. Destinasi dan transportasi pariwisata ditutup
7. Upacara dan apel bersama di Balai Kota ditiadakan
8. Event-event olah raga dan budaya dibatalkan/ditunda
9. Kegiatan kunker dan penerimaan kunker dibatalkan
10. Lomba kelurahan ditunda sampai 2 pekan ke depan
13. Musrenbang RKPD ditunda selama 2 pekan
14. Mal dan pasar harus sediakan tempat cuci tangan dan sabun
15. Pemusnahan kelelawar, kalong dan codot di Pasar Depok
16. Untuk sementara hindari salaman dan cipika-cipiki

Pemerintah: Kalau Indonesia Lockdown, Kita Tak Bisa Apa-Apa

Sekolah Libur

Selain kelelawar di Pasar Depok Solo dimusnahkan segera, keputusan lain yang tak kalah penting adalah imbauan tidak melakukan kegiatan dengan massa besar. Keputusan lain yang berdampak besar adalah perintah untuk meniadakan semua kegiatan sekolah di luar atau outing class.

"Semua kegiatan study tour sekolah (Semua Satuan PAUD) utk ditiadakan, dan mulai hari Senin 16 Maret 2020 sekolah diliburkan selama 14 hari ke depan. Sambil menunggu perkembangan lebih lanjut. Demikian untuk ditindaklanjuti," kata Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kota Solo, Galuh Murya Widawati, Jumat (13/3/2020) malam dalam keterangan tertulis.

Anies Baswedan: Virus Corona Menyebar ke Seluruh Kecamatan di Jakarta

Sementara itu, Rudy, menyampaikan keputusan tersebut berdasarkan pada rekomendasi Dinas Kesehatan Kota Solo.

"Telah diputuskan berdasarkan masukan dari Dinas Kesehatan, bahwa Solo dinyatakan KLB corona. Dan mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak mengumpukkan orang banyak di satu titik, itu harus dihindari," kata Rudy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya