SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pengunjung Hypermart (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Pengunjung Hypermart (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Pengunjung Hypermart (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Industri ritel terus berupaya meningkatkan nilai transaksi sepanjang Bulan Puasa ini dengan menggenjot penjualan voucher belanja.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Permintaan voucher belanja oleh kalangan instansi dan korporat sebagai bingkisan atau THR dinilai signifikan mendongkrak nilai transaksi.

“Permintaan voucher belanja memang sudah meningkat. Terutama dari kalangan pabrik, instansi bahkan perseorangan,” kata Manager Divisi Groceries Hypermart Solo Square, Yoseph Heru Sukahadi, saat ditemui Solopos.com, akhir pekan kemarin.

Pihak instansi atau korporat yang membeli sejumlah voucher, nantinya akan membagikan voucher itu kepada karyawan dan rekan kerja bisa sebagai bingkisan maupun THR. Ketika voucher itu dimanfaatkan untuk berbelanja, tentu akan mendongkrak transaksi karena nilai belanja tentu akan lebih besar dari nilai voucher yang tertera.

Dia menyampaikan, pertengahan Bulan Puasa ini pihaknya akan membuat program untuk pembelian voucher belanja. “Misalnya beli sekian banyak voucher akan dapat bonus sekian voucher lagi. Tapi itu belum kami rancang dan biasanya pertengahan Bulan Puasa kami rilis itu.”

Di Hypermart, nilai voucher yang ditawarkan beragam nilainya mulai dari Rp10.000, Rp25.000, Rp50.000 dan Rp100.000. “Yang paling laris biasanya antara nilai Rp25.000 hingga Rp100.000,” imbuh Yoseph.

Selain dengan menggenjot penjualan voucher belanja, tingkat transaksi juga akan ditingkatkan dengan menggelar midnight sale dan morning sale yang juga akan dimulai pekan kedua Bulan Puasa. Yoseph juga menjelaskan pekan pertama Puasa ini penjualan produk musiman seperti produk fresh, kurma, biskuit kaleng dan sirup mulai meningkat tajam. Mayoritas, pelanggan memborong produk-produk tersebut sebagai isi parsel.

Secretary and Customer Service Coordinator Carrefour Solo Paragon Lifestyle Mall, Laily Hidayati, menyampaikan Carrefour memiliki produk voucher belanja bernama gift card. Bedanya dengan voucher belanja lainnya, gift card ini bisa dipakai untuk beberapa kali belanja sesuai kebutuhan. “Saat ini permintaan gift card juga sudah meningkat. Terutama dari instansi korporat seperti diler, hotel, bank dan lain-lain, banyak yang pesan gift card ini. Gift card itu bagus buat hadiah atau bingkisan yang praktis untuk rekan kerja.”

Carrefour menyediakan gift card itu dengan pecahan Rp100.000, Rp200.000 dan Rp500.000. Di Carrefour Solo Paragon Lifestyle Mall, lanjut Laily, transaksi belanja sudah meningkat disumbang oleh tingginya permintaan kebutuhan Lebaran.  Kebutuhan Lebaran yang sudah banyak diburu antara lain biskuit, sirup, minyak goreng dan busana muslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya