Vonis Terdakwa Kasus Asabri Heru Hidayat, Akan Lebih Ringan atau Mati

Vonis Komisaris PT TRAM, Heru Hidayat, terdakwa kasus korupsi dana investasi PT Asabri akan sesuai tuntutan atau lebih ringan tergantung keputusan Pengadilan Tipikor Jakarta Selasa (18/1/2022).

 Terdakwa Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat berjalan saat mengikuti sidang lanjutan kasus korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (7/9/2020). (Antara)

SOLOPOS.COM - Terdakwa Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat berjalan saat mengikuti sidang lanjutan kasus korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (7/9/2020). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Nasib Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), Heru Hidayat, dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta hari ini, Selasa (18/1/2022).

Heru Hidayat terjerat kasus korupsi dana investasi PT Asabri. Diberitakan sebelumnya, Jaksa menuntut Komisaris PT TRAM hukuman mati.

PromosiPengisian Penjabat Kepala Daerah Rawan Korupsi dan Politisasi

Namun, muncul banyak spekulasi mengenai berapa lama hakim memutuskan hukuman bagi bos PT TRAM tersebut. Apakah hakim akan menjatuhkan vonis sesuai tuntutan atau lebih ringan.

Baca Juga : Dituntut Mati Terkait Kasus Asabri, Nasib Heru Hidayat Ditentukan Besok

Sejumlah pihak berspekulasi bahwa Heru Hidayat akan mendapatkan hukuman lebih ringan. Dilansir dari Bisnis.com, Selasa, hakim menjatuhkan vonis lebih ringan pada sidang putusan terdakwa lain.

Contohnya, Direktur PT Jakarta Emiten Investor Relationship, Jimmy Sutopo. Hakim memvonis Jimmy lebih ringan dari tuntutan jaksa. Jimmy divonis 13 tahun bui, padahal jaksa menuntut 15 tahun penjara.

Begitu pula dengan Direktur Utama PT Eureka Prima Jakarta Tbk (LCGP), Lukman Purnomosidi. Dia divonis 10 tahun penjara atau lebih ringan dari tuntutan jaksa, yakni 13 tahun.

Baca Juga : Jokowi Singgung Tuntutan Hukuman Mati Terdakwa Kasus Asabri, Ada Apa?

Tetapi, hakim juga menjatuhkan vonis lebih berat kepada tersangka lain. Misalnya, Direktur Utaman (Dirut) PT Asabri periode 2012-2016, Mayjen (Purn) Adam Rachmat Damiri. Hakim memvonis 20 tahun penjara atau lebih tinggi dari tuntutan 10 tahun.

Vonis ini sama persis dengan Dirut PT Asabri periode 2016-2020, Letjen (Purn) Sonny Widjaya. Dia divonis 20 tahun penjara atau lebih tinggi dari tuntutan jaksa, yakni 10 tahun.

Begitu juga Direktur Investasi dan Keuangan PT Asabri periode 2012-2014, Bachtiar Effendi dan Direktur Investasi dan Keuangan PT Asabri periode 2014-2019 Hari Setianto. Keduanya mendapat vonis lebih berat, yaitu 15 tahun. Bachtiar dituntut 12 tahun sedangkan Hari 14 tahun.

Baca Juga : Kepala Daerah Ditangkap KPK Bukti Politik Dinasti Jalan Korupsi Politik

Heru Hidayat dinilai terbukti terlibat dalam kasus korupsi pengelolaan keuangan dan investasi PT Asabri. Akibat ulahnya itu negara mengalami kerugian Rp22,7 triliun.

Atas dasar pertimbangan tersebut jaksa menuntut Heru Hidayat dengan hukuman mati. Heru dinilai terbukti melanggar Pasal 2 ayat (1) jucto Pasal 18 UU No.31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No.20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Selain itu, Pasal 3 UU RI No.8/2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Sepatu Jokowi saat Bertemu Elon Musk Jadi Sorotan Netizen Malaysia

Sepatu yang dikenakan Presiden Jokowi saat bertemu Elon Musk adalah buatan Bandung seharga Rp300.000.

Kritik Pertemuan Jokowi dan Elon Musk, Rocky: Hanya Sensasi dan Ilusi

Pengamat politik Rocky Gerung menyimpulkan pertemuan Presiden Jokowi dan Elon Musk hanya sebatas menciptakan sensasi dan ilusi karena substansinya tidak ada.

Ini Respons AHY soal Koalisi Indonesia Bersatu Golkar, PAN dan PPP

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan partainya tidak tergesa-gesa dalam menyikapi pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu.

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Solopos Hari Ini: Sinyal Batal Naik

Nilai keekonomian bahan bakar minyak (BBM) terus melambung. Meski demikian, belum ada tanda-tanda pemerintah memutuskan kenaikan harga BBM di dalam negeri, khususnya Pertalite dan solar.

Kata-kata Ucapan Hari Kebangkitan Nasional yang Diperingati 20 Mei

Berikut ini terdapat rekomendasi 10 kata-kata ucapan selamat Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati pada 20 Mei setiap tahunnya.

Sastra di Solo, Ekspor Serat Nanas, Lubang Hitam, dan Elektabilitas

Kota Solo pernah menjadi pesemaian sastra patriotik dan revolusioner. Yang dimaksud revolusioner adalah mendobrak penjajahan dari segala segi yang mungkin.

Kota Solo Pernah Jadi Pesemaian Sastra Patriotik dan Revolusioner

Kota Solo pernah menjadi pesemaian sastra patriotik dan revolusioner. Yang dimaksud revolusioner adalah mendobrak penjajahan dari segala segi yang mungkin.

7 Orang Meninggal, Ini Kronologi Kecelakaan di Jl. Purwasari Karawang

Polisi mengungkap kronologi kecelakaan maut yang menyebabkan tujuh orang meninggal di Jl. Raya Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Minggu (15/5/2022).

Kecelakaan Maut di Jl. Raya Purwasari Karawang, 7 Orang Meninggal

Sebanyak tujuh orang meninggal dunia dan sepuluh orang lainnya luka-luka dalam peristiwa kecelakaan di Jl. Raya Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (15/5/2022).

Beri Dukungan Airlangga Jadi Capres, Begini Penjelasan Ridwan Kamil

Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Ridwan Kamil yang berlangsung sekitar 30 menit itu juga diwarnai guyonan-guyonan.

Pengamat: Koalisi Golkar, PAN, dan PPP Tinggal Tentukan Capres-Cawapres

Qodari melihat ini adalah koalisi yang paling nyata hari ini menuju 2024 karena gabungan ketiga parpol sudah memenuhi syarat pencalonan Pilpres 2024 mendatang.

Terkait Pilpres, Ridwan Kamil Ungkap Dukungan untuk Airlangga

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima silaturahim Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (15/5/2022).

14 Orang Meninggal Laka Bus di Tol Surabaya, Ini yang Dilakukan Pemkot

Pemkot Surabaya membantu menyiapkan pemakaman warga Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal yang menjadi korban kecelakaan bus di Tol Surabaya-Mojokerto atau Tol Sumo pada Senin (16/5/2022).

Tak Kuat Nanjak, Mikrobus Bawa Rombongan Warga Hantam 2 Mobil di Bantul

Kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan terjadi di Jalan Raya Imogiri-Dlingo, tepatnya di Dusun Sukorame, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo, Bantul.